Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Lanjutkan Langkah Transformasi, Ini Enam Langkah PLN

Lanjutkan Langkah Transformasi, Ini Enam Langkah PLN Kredit Foto: PLN
Warta Ekonomi, Jakarta -

Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo menyiapkan enam langkah untuk membawa transformasi perusahaan sepanjang tahun 2023.

Ia menyebut bahwa enam langkah tersebut merupakan kelanjutan dari program transformasi yang dilakukan perusahaan sejak tiga tahun lalu.

"Kami melanjutkan program transformasi yang sudah kami lakukan sejak tiga tahun lalu agar kami bisa menjadi perusahaan yang lebih lean, green, dan tentu saja bisa memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan," ujar Darmawan dalam rapat dengar pendapat dengan komisi VII DPR RI, Rabu (8/2/2023). 

Baca Juga: PLN Klaim Penjualan Listrik Naik 6,17 Persen pada 2022

Darmawan mengatakan langkah pertama adalah dengan meningkatkan efisiensi perusahaan melalui optimalisasi operasional kelistrikan dan juga memperkuat digitalisasi di segala lini, kemudian dengan meningkatkan kinerja korporasi melalui pengembangan portofolio bisnis dan melakukan unlock value perusahaan.

"Di semua lini kami lakukan digitalisasi sehingga cost structure kami semakin baik, PLN semakin efisien saat ini. Ketiga, kami juga akan melanjutkan program transisi energi sehingga bisa mencapai target Net Zero Emission (NZE) di 2060," ujarnya. 

Lanjutnya, ia optimistis bahwa tahun 2023 ini perseroan bisa menciptakan kinerja operasional dan keuangan perusahaan lebih baik dari tahun 2022. 

Keyakinan tersebut didukung dengan langkah besar PLN dalam membentuk Subholding. Restrukturisasi tersebut menurutnya akan mendorong PLN berinovasi sebagai perusahaan energi berbasis teknologi masa depan.

"Restrukturisasi Holding Subholding mengubah organisasi PLN. Proses bisnis yang kompleks, menjadi ringkas dan efisien. Layanan lambat dan berbelit, menjadi excellent service dan sangat responsif," ungkapnya.

Langkah keempat adalah dengan meningkatkan kampanye Electrifying Lifestyle ke seluruh masyarakat. Selain untuk mengajak masyarakat berkontribusi dalam penurunan emisi, sekaligus menjawab perubahan gaya hidup modern masyarakat.

Kelima, PLN juga melakukan pengembangan bisnis beyond kWh, di mana peningkatan lini ini untuk diversifikasi bisnis perusahaan dengan memanfaatkan aset PLN yang ada, sehingga bisa meningkatkan customer experience.

Terakhir, PLN memastikan bahwa semua proses bisnis dan operasional perusahaan memenuhi standar Enviroment, Sustainability and Governance (ESG). 

“Melalui prinsip ini, semua program yang dilakukan PLN diharapkan bisa memberikan dampak langsung kepada masyarakat, lingkungan dan bangsa,” tutupnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Djati Waluyo
Editor: Rosmayanti

Advertisement

Bagikan Artikel: