Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Seolah Jadi Kawan Lama Jokowi: Esemka Muncul Tiap Mau Pemilu

Seolah Jadi Kawan Lama Jokowi: Esemka Muncul Tiap Mau Pemilu Kredit Foto: Antara/Aloysius Jarot Nugroho
Warta Ekonomi, Jakarta -

Nama Esemka kembali muncul belakangan ini. Setelah menghilang selama beberapa tahun, Esemka muncul di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 dengan produk mobil listrik Bima EV.

Esemka pertama kali diperkenalkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat menjabat menjadi Gubernur Solo. Oleh karena itu, merek ini kerap diasosiasikan dengan Jokowi.

Kini, dengan kemunculannya pada tahun politik menjelang Pilpres 2024, banyak pihak mengaitkan kemunculan Esemka dengan Jokowi.

Baca Juga: AHY Bikin Konten di Booth Esemka, Kader Demokrat: Lagi Meledek Balik Jokowi

Salah satu pihak yang menyinggung soal ini adalah wartawan senior Hersubeno Arief. Dalam salah satu video di kanal YouTube Off The Record FNN, Hersubeno menyoroti bagaimana Esemka muncul di saat tahun politik.

"Saya kira mobil ini keunikannya dibandingkan dengan mobil-mobil lainnya itu muncul setiap lima tahun sekali," kata dia, dikutip Selasa (21/2/2023).

"Dan itu pada momen-momen penting, menjelang Pilkada, menjelang Pemilu, begitu," tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, wartawan senior Agi Betha juga membahas soal bagaimana Esemka selama ini dikenal sebagai mobil gaib. Jokowi memperkenalkan mobil ini ketika ingin mencalonkan sebagai Gubernur DKI Jakarta. Namun kemudian, kehadiran Esemka menghilang meski telah mengaku menerima 6.000 pesanan.

Lalu, nama Esemka muncul lagi pada periode kedua Jokowi mencalonkan sebagai presiden, nama Esemka kembali muncul dengan membawa produk mobil pick up.

"Kemudian, di IIMS 2023 ini muncul kembali," imbuh Betha.

Meski Presiden Direktur PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) Eddy Wirajaya meminta agar Esemka tak dikaitkan dengan politik serta Jokowi dan cukup dipandang sebagai karya anak bangsa, namun Jokowi hadir untuk mencoba mobil yang dibawa oleh Esemka.

"Jokowi hadir dengan sumringah, bahkan mencoba dan sempat masuk ke kabinnya, mencoba ini-itu, seolah-olah bertemu dengan kawan lama," pungkas Betha.

Baca Juga: Chusnul Chotimah Sentil SBY yang Sebut Ganti Sistem Pemilu Bikin Chaos: Ini Negarawan atau Provokator?

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Imamatul Silfia
Editor: Rosmayanti

Advertisement

Bagikan Artikel: