Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Zoho Dorong Pertumbuhan Bisnis di Indonesia melalui Transformasi Digital

Zoho Dorong Pertumbuhan Bisnis di Indonesia melalui Transformasi Digital Kredit Foto: Ist
Warta Ekonomi, Jakarta -

Bisnis di Indonesia terus melakukan transformasi, di mana bisnis saat ini harus menciptakan lingkungan yang mengharuskan untuk lebih kreatif, dan mampu menjadi jawaban dari tantangan untuk menyelesaikan masalah bisnis dengan cara yang lebih selaras dengan pelanggan mengharapkan. Transformasi digital dengan desain menjadi salah satu langkah Zoho. Solusi Zoho hadir untuk memberdayakan bisnis untuk membangun solusi digital dengan mudah.

Untuk mendukung bisnis lokal, Zoho dengan bangga mengumumkan pembukaan kantor pertamanya di Indonesia, yang berlokasi di bilangan Cibubur, tepatnya di Kecamatan Jatisampurna, Bekasi. Tim Zoho Indonesia berharap dapat memperkuat hubungan dengan klien dan mitra, serta berkontribusi pada pertumbuhan dan perkembangan komunitas bisnis lokal. Cibubur terpilih sebagai bagian dari upaya Lokalisme Transnasional global dari Zoho, yang pertama kali diperkenalkan pada awal tahun 2020 sebagai sarana untuk menciptakan masyarakat dan ekonomi lokal yang mandiri. Metode pertumbuhan tersebut memungkinkan karyawan untuk tinggal di kota mereka dan memberikan sumbangsih pada komunitas setempat, sambil bekerja untuk perusahaan teknologi terkemuka di dunia. Ini juga merupakan komitmen bersama dari Zoho untuk tidak menyumbang kemacetan di kota-kota besar. 

Di Zoholics Indonesia, pelanggan berkesempatan untuk mempelajari ekosistem Zoho didampingi para ahli produk kami melalui berbagai live demo, pendalaman produk, dan sesi berbagi cerita dengan pelanggan, yang disampaikan dalam dua bahasa; Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. 

Baca Juga: Masa Depan Bisnis AI di Indonesia Perlu Diamankan

Gibu Mathew, Vice President and General Manager, Asia Pacific, of Zoho Corp., mengungkapkan “Bisnis di Indonesia berada pada posisi strategis dalam menjalankan transformasi digital dan memanfaatkan alat-alat teknologi yang tersedia untuk menghadirkan produk dan layanan yang terdiferensiasi. Zoho bangga menjadi pemain utama dalam perjalanan ini. Selaras dengan strategi global Iokalisme transnasional kami, Cibubur dipilih sebagai lokasi kantor kami di Indonesia dengan tujuan untuk membangun peluang di komunitas lokal. Tim Zoho berkomitmen dalam menyediakan alat yang tepat bagi pelanggan di Indonesia dalam bertransformasi sesuai rencana.” 

Baca Juga: Cara Menjaga Kualitas Layanan di Outlet Bisnis Kuliner, Kuncinya Hanya Ini!

Komitmen Zoho dalam mengembangkan solusi tangguh yang mendukung semua bisnis telah mendorong Zoho dalam ekspansi global, bahkan di tengah tantangan badai bisnis melanda. Pada tahun 2022, Zoho mengumumkan pencapaiannya karena telah melampaui 80 juta pengguna, serta pencapaian pendapatan global sebesar 1 miliar USD. Di Indonesia, adopsi produk Zoho dipimpin oleh solusi platform seperti Zoho CRM, Zoho Workplace, dan Zoho One. Pada tahun 2022, di Indonesia, Zoho CRM mencatat pertumbuhan pendapatan dari tahun ke tahun sebesar 45%, dan Zoho Workplace mencatat pertumbuhan pendapatan dari tahun ke tahunnya sebesar 38%. Zoho tetap berdedikasi dalam memperluas layanan dan dukungannya di Indonesia serta menyediakan peluang tambahan bagi komunitas lokal.  

Zoho telah membangun tumpukan teknologinya dari nol, mulai dari aplikasi dan platform hingga jaringan dan pusat data. Tumpukan teknologi ini dipadukan dari berbagai sisi, secara horizontal, vertikal, dan kontekstual. Untuk menawarkan nilai dan pengalaman pengguna yang tak tertandingi di seluruh infrastruktur teknologinya, Zoho berinvestasi dalam pengembangan kemampuan R&D inti (Research and Development), selain dari pengembangan produk. Hal tersebut memungkinkan Zoho untuk mengoptimalkan software dan hardware untuk bekerja sama secara lebih efisien, dan memberikan manfaat biaya kepada pelanggan. Memiliki kendali internal penuh terkait protokol keamanan serta standar privasi dan kepatuhan, memungkinkan kami meneruskan jaminan keamanan data pada pelanggan kami. Ini juga memungkinkan Zoho berkembang secara global dengan data yang disimpan secara lokal. Ini adalah strategi jangka panjang Zoho untuk menambah dan menyesuaikan praktik global terbaik serta untuk mengidentifikasi cara terbaik dalam bekerja sama dengan bisnis lokal. Saat memperluas kehadirannya di Indonesia, Zoho berharap dapat lebih memahami tantangan yang dihadapi tidak hanya oleh bisnis, tetapi juga organisasi lokal, pemerintah, dan institusi pendidikan, serta berupaya untuk terus meningkatkan penawaran produknya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Annisa Nurfitri
Editor: Annisa Nurfitri

Advertisement

Bagikan Artikel: