Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

UMKM Harus Berkolaborasi, Mendag Zulkifli Hasan Dorong Industri Lokal Mulai Bidik Marketplace Dunia

UMKM Harus Berkolaborasi, Mendag Zulkifli Hasan Dorong Industri Lokal Mulai Bidik Marketplace Dunia Kredit Foto: Alfida Rizky Febrianna
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mendukung peran generasi muda pelaku usaha kecil, mikro, dan menengah (UMKM) dalam meningkatkan sektor perdagangan di Indonesia, melalui kemitraan dengan ritel modern dan lokapasar atau marketplace.

Zulhas mengatakan, untuk peningkatan perdagangan di dalam negeri dan UMKM, generasi muda harus berani menjalin kemitraan lebih besar.

Baca Juga: KIB Disinyalir Masih Tunggu Siapa Jagoannya Megawati, Elite Zulkifli Hasan: Intip Dulu Lawan Itu...

"Tugas kami di Kemendag adalah membuka jalan, diantaranya melalui berbagai fasilitasi yang mempertemukan UMKM dengan ritel modern, lembaga pembiayaan, dan lokapasar," ungkapnya, dikutip dari keterangan resmi, Senin (13/3/2023).

Menurut Zulhas, generasi muda harus kreatif dalam menyampaikan ide ataupun pendapat dan berani mengambil risiko dalam menyelesaikan berbagai tantangan yang ada, serta mampu menciptakan peluang usaha, khususnya di bidang perdagangan.

"Anak muda harus memiliki ide-ide kreatif dalam menyampaikan ide ataupun pendapat, berwawasan luas, berpikiran terbuka, berani mengambil risiko dalam menyelesaikan berbagai tantangan yang ada, serta mampu menciptakan peluang usaha khususnya di bidang perdagangan," ujarnya.

Zulhas lalu menyampaikan, kerja sama dan kolaborasi adalah kunci penting bagi Indonesia untuk menghadapi dinamika nasional dan global. 

"Dengan kerja sama dan kolaborasi, Indonesia telah membuktikan diri mampu bertahan dan menjadi salah satu dari sedikit negara yang tetap melanjutkan tren pemulihan ekonomi pada 2022," tuturnya.

Zulhas menilai, Indonesia juga harus mampu masuk ke pasar-pasar ekspor nontradisional yang berpotensi besar di kawasan Afrika, Timur Tengah, Asia Selatan seperti Arab Saudi, Pakistan, Bangladesh, dan India. 

Baca Juga: Tak Dikehendaki Jadi Next Jokowi, Kode Penjegalan Anies Baswedan Lewat Sengketa Plumpang: Dia Selalu Dikorbankan...

"Negara-negara tersebut berpotensi untuk penjajakan kerja sama perdagangan. Besok (hari ini, Senin 13/3/2023), saya akan ke India untuk melakukan kerja sama," jelasnya.

Baca Juga: Industri Perkebunan Berpegang Teguh Pada Konsep Bisnis Berkelanjutan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Alfida Rizky Febrianna
Editor: Aldi Ginastiar

Advertisement

Bagikan Artikel: