Lazada Teken MoU dengan Kemenkop-UKM untuk Dorong Transformasi Digital UMKM
Memperkuat upaya bersama untuk mendorong pengembangan dan transformasi digital koperasi serta UMKM di Indonesia, platform e-commerce Lazada Indonesia (Lazada) secara resmi telah melakukan seremonial penandatangan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) kemitraan strategis dengan Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop-UKM) Republik Indonesia pada 11 Maret 2023, bersamanaan dengan acara Lazada Club Festival.
Terkait dengan kemitraan ini yang sejalan dengan misi Lazada untuk mempercepat perkembangan ekonomi digital di Indonesia melalui perdagangan dan teknologi, Direktur Eksekutif Lazada Indonesia Ferry Kusnowo menyampaikan bahwa dengan semangat mendorong transformasi digital, Lazada akan terus mengembangkan platform e-commerce yang mudah dan inklusif untuk semua pelaku bisnis di Indonesia.
"Kami senang bisa berkolaborasi dengan pemerintah khususnya KemenkopUKM dan kami siap untuk terus mendukung para UMKM di Indonesia dalam meningkatkan kompetensi dan daya saingnya agar tidak hanya bisa berkompetisi di negeri sendiri, namun juga mampu mengembangkan bisnisnya hingga ke mancanegara melalui platform digital seperti melalui e-commerce," tutur Ferry seperti dikutip dari siaran pers pada Senin (13/3/2023).
Baca Juga: Lewat Transaksi Digital, AstraPay Yakin Masalah Akses Pendanaan UMKM Bisa Teratasi
Nantinya, melalui kolaborasi yang dijalin, baik Lazada maupun KemenkopUKM akan menggunakan kapabilitas dan sumber daya masing-masing untuk bisa bersama mendorong pengembangan dan tranformasi digital koperasi dan UMKM di Indonesia. Di mana saat ini 71,8% atau setara dengan 21,56 juta dari 30 juta UMKM yang menjadi target pemerintah untuk masuk ke dalam eksositem digital pada tahun 2024 kini telah go digital.
"Kami melihat upaya untuk membantu pelaku UMKM untuk naik kelas dan melek digital harus terus dilakukan secara masif. Karena itu kami berharap penandatangan nota kesepahaman dengan Lazada ini mampu memperkuat komitmen bersama dalam mendukung upaya percepatan transformasi digital dan UMKM untuk naik kelas," terang Menteri Koperasi dan UKM Republik Indonesia Teten Masduki.
Selaras dengan ini, Deputi Bidang Kewirausahaan Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia Siti Azizah menyampaikan, "melalui kerja sama dengan pelaku industri seperti Lazada, kami berharap upaya percepatan transformasi digital bisa terjadi dan para UMKM di Indonesia dapat beradaptasi cepat serta mampu memanfaatkan platform digital untuk menumbuhkan bisnisnya."
Lazada memiliki layanan LazGoGlobal yang memungkinkan para penjual di Lazada untuk memasarkan produknya di lima negara lainnya di Asia Tenggara di mana Lazada beroperasi, yaitu Singapura, Malaysia, Filipina, Thailand, dan Vietnam.
Melalui layanan ini, penjual yang telah siap diajak untuk memperluas pasarnya ke Asia Tenggara dengan berbagai kemudahan fitur yang ditawarkan, termasuk dengan dukungan jaringan Lazada Logistics yang juga telah beroperasi di enam negara di Asia Tenggara.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Tri Nurdianti
Editor: Rosmayanti
Tag Terkait:
Advertisement