Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Literasi Digital sejak Dini Agar Makin Kreatif dalam Membuat Konten

Literasi Digital sejak Dini Agar Makin Kreatif dalam Membuat Konten Kredit Foto: Unsplash/Sebastian Pandelache
Warta Ekonomi, Jakarta -

Dalam rangka kampanye Gerakan Nasional Literasi Digital di Indonesia, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama dengan Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi menyelenggarakan webinar Literasi Digital #MakinCakapDigital 2023 untuk segmen pendidikan di wilayah DKI Jakarta, Banten, dan sekitarnya dengan tema "Mengenal Literasi Sejak Dini" pada Selasa (21/3/2023).

Kali ini, hadir pembicara-pembicara program kegiatan Literasi Digital #MakinCakapDigital di tahun 2023 yang ahli di bidangnya untuk berbagi terkait budaya digital. Pembicara yang hadir adalahGuru Mata Pelajaran SMA Negeri 5 Depok, Ning Setianti; Relawan TIK, Wahyu Septiawan; UI/UX Designer, Aldiyar; dan perwakilan EdukasiID, Verra Rousmawati.

Baca Juga: Kemenkominfo Gelar Seleksi Nasional IdenTIK : Wadah Kompetisi Gali Potensi Anak Bangsa

Menurut data We Are Social dan HootSuit per Januari 2023, penggunaan internet di Indonesia sudah mencapai 212,9 juta dengan durasi pemakaian 7 jam 42 menit per hari. Namun, jumlah dan durasi penggunaan internet masyarakat belum sejalan dengan kemampuan cakap bermedia digitalnya. Warga digital perlu memiliki kemampuan untuk mengetahui dan memahami serta menggunakan perangkat digital baik keras dan lunak dalam lanskap digital.

“Termasuk di dalamnya menggunakan mesin pencarian informasi, aplikasi percakapan, dan media sosial, serta aplikasi dompet digital, lokapasar, dan transaksi digital,” ungkap Wahyu Septiawan saat jadi narasumber kegiatan literasi digital #MakinCakapDigital 2023 untuk segmen pendidikan di DKI Jakarta, Banten, dan sekitarnya pada Selasa (21/3/2023).

Baca Juga: Kominfo Berikan Literasi Digital Bagi Pelaku UMKM

Dengan memiliki kemampuan literasi digital sejak dini, seseorang bisa kreatif di dunia digital dan tidak hanya menjadi penonton konten-konten yang beredar di media sosial. Mereka bisa turut ambil andil membuat konten bermanfaat. Untuk sampai ke sana, pengguna harus memahami mengenai beragam platform yang tersedia karena setiap platform media sosial memiliki karakteristik berbeda. 

Misalnya, YouTube cenderung digunakan untuk mengunggah video dengan durasi panjang, Twitter cocok untuk penyampaian info berbasis kata, Instagram lebih menonjolkan sisi foto, dan TikTok menjadi platform video singkat yang disertai musik.

“Sebelum membuat konten, penting untuk mengetahui siapa audience yang ingin disasar. Hal ini akan membantu memahami kebutuhan, minat, dan harapan mereka sehingga dapat membuat konten yang sesuai dengan keinginan audience,” sambungnya lagi.

Baca Juga: Keselamatan Perempuan Rentan di Media Sosial, Kominfo Lakukan Hal Ini

Jenis konten pun bermacam-macam, mulai dari teks, suara, visual dengan foto maupun audio, serta bisa menggunakan semuanya. Kemudian, membuat konten kini semakin mudah lantaran ada banyak aplikasi pendukung yang memiliki fitur-fitur canggih, seperti Canva yang bisa digunakan melalui ponsel pribadi. Pengguna bisa mengedit dan memasukan teks, memilah jenis huruf, layout, atau menambahkan gambar dengan aplikasi tersebut.

Agar membuat konten bisa berhasil, pahami juga kelebihan dan kekurangan media sosial agar target audience dan isi pesan bisa tepat sasaran. Lebih jauh, ia menyarankan untuk konsisten dalam membuat konten sehingga dampaknya lebih terasa dan membuahkan hasil.

Baca Juga: Kominfo Kembali Gelar Startup Studio Indonesia, 17 Startup Terpilih Mulai Rangkaian Program

Sebagai informasi, Webinar Makin Cakap Digital merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam program Indonesia Makin Cakap Digital yang diinisiasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemenkominfo) bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi. 

Adapun informasi lebih lanjut mengenai literasi digital dan info kegiatan dapat diakses melalui Website literasidigital.id atau event.literasidigital.id, atau akun Instagram @literasidigitalkominfo, Facebook Literasi Digital Kominfo dan Youtube Literasi Digital Kominfo. 

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Yohanna Valerie Immanuella

Advertisement

Bagikan Artikel: