Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Performa Solid di Kuartal IV Laba Bersih Victoria Care Indonesia Melesat 71,5 Persen

Performa Solid di Kuartal IV Laba Bersih Victoria Care Indonesia Melesat 71,5 Persen Kredit Foto: Ist
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Victoria Care Indonesia Tbk (VICI) berhasil menutup tahun 2022 dengan capaian yang sangat positif di kuartal IV, menjadikan kuartal tersebut sebagai kuartal terbaik di sepanjang 2022.

Meski sempat mengalami hambatan pada awal tahun 2022 sebagai akibat dari omicron wave, Perseroan berhasil menunjukkan kemampuannya untuk keluar dari kondisi tersebut dan terus mencatatkan perbaikan dari kuartal ke kuartal.

Pada kuartal IV tahun 2022, Perseroan membukukan pendapatan bersih sebesar Rp318 miliar, naik 13,2% dibandingkan kuartal sebelumnya, dan juga mencatatkan laba bersih sebesar Rp44 miliar, atau naik 71,5% dibandingkan kuartal III tahun 2022.

Perseroan juga mencatat gross profit margin sebesar 53,7% di kuartal IV tahun 2022 dibandingkan 51,5% pada kuartal sebelumnya. Net Income Margin Perseroan juga naik dari sebelumnya 9,2% di kuartal III 2022 menjadi 13,9% di kuartal IV 2022.

Secara YoY, pendapatan Perseroan turun sebesar 9,2% YoY, dari sebelumnya Rp1,1 trilliun di 2021 menjadi Rp1 trilliun di 2022, diakibatkan terutama penurunan penjualan antiseptik akibat kondisi pandemi yang membaik di keseluruhan tahun 2022.

Namun, jika penjualan produk-produk antiseptik dikecualikan, penjualan Perseroan justru tumbuh 13% dibandingkan 2021.

Perseroan berhasil menerapkan strategi yang tepat dalam menyikapi perubahan kondisi pandemi dengan mengeluarkan produk-produk baru yang sesuai dengan permintaan pasar dan didukung dengan strategi digital marketing yang mampu meningkatkan awareness dan permintaan atas produk-produk baru tersebut baik di pasar online maupun offline.

Investasi yang Perseroan lakukan pada kategori-kategori baru seperti perawatan rambut profesional dan kosmetik dekoratif membuahkan hasil dengan pertumbuhan penjualan mencapai masing-masing 300% dan 185% di tahun 2022 dibandingkan 2021.

“Kami sadar sepenuhnya bahwa kondisi pandemi sudah berubah di 2022 dan kami merespons perubahan tersebut dengan segera mengeluarkan produk-produk baru yang sesuai dengan tren pasar dan ternyata diterima dengan sangat positif. Kekuatan VICI di research & innovation yang didukung dengan kemampuan produksi dan distribusi yang luas, mendukung perbaikan performa kami dari kuartal ke kuartal di sepanjang 2022,” ujar Billy Hartono Salim, CEO PT Victoria Care Indonesia Tbk.

Digital Marketing Menjadi Salah Satu Kunci Kesuksesan

Lebih lanjut, yang juga menjadi capaian penting Perseroan di tahun 2022 adalah kemampuan Perseroan untuk monetisasi dari online channel.

Penjualan Perseroan melalui online naik lebih dari 300% di tahun 2022 dibandingkan 2021. Perseroan berinvestasi dengan memperkuat tim digital marketing dengan generasi muda yang kreatif dan adaptif dengan perubahan-perubahan cepat yang terjadi di platform digital.

Perseroan juga terus melakukan eksplorasi untuk mengoptimalkan online channel tidak hanya sebagai platform untuk berjualan, tapi juga sebagai platform untuk branding dan meningkatkan awareness atas produk-produk Perseroan sehingga dampak positifnya tidak hanya terasa di penjualan online tapi juga pada penjualan offline.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Ferry Hidayat

Advertisement

Bagikan Artikel: