Percepat Respons Kasus Bencana hingga Penyaluran Bansos, Mensos Resmikan Pusat Kendali Kemensos
Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini meresmikan pusat kendali atau social affair command center Kemensos di Gedung Cawang Kencana, Jakarta Timur, Selasa (4/4/2023). Social Affair Command Center atau pusat kendali Kemensos ini berfungsi sebagai pusat kendali untuk memonitor masalah-masalah kesejahteraan sosial yang terjadi di masyarakat secara real time.
"Dalam pengumpulan permasalahan, penanganan kasus, pemberian perintah, pergerakan sumber daya, pengendalian pelaksanaan perintah, media koordinasi, dan pelaporan untuk respons cepat penanganan masalah sosial," ujar Risma dalam peresmian Command Center di Gedung Cawang Kencana, Jakarta Timur, Selasa (4/4/2023).
Baca Juga: Efek Kemensos Bersinergi, Derita Anak Penderita Bocor Jantung Mulai Terobati: Semuanya, Terima Kasih
Penanganan masalah sosial, kata Risma, dapat dilaksanakan secara terukur melalui Command Center ini. "Kalau sekarang itu semua terukur, jadi bisa tahu ke mana itu bisa dipantau dan akan ditindaklanjuti," tutur Risma.
Selain itu, Command Center juga menggabungkan berbagai layanan informasi dan pengaduan di satuan kerja lingkungan Kemensos. Risma memberi contoh penangan kasus, seperti gempa dengan berkekuatan 7,2 magnitudo di Papua Nugini yang berdampak pada Provinsi Papua di Indonesia. Risma menyebut, Social Affair Command Center telah meresponsnya dengan cepat.
"Misal kejadian gempa di Papua. Saya mengetahui kabar tersebut jam 12 malam yang artinya di Papua sekitar jam 2 pagi. Saya ngomong pasang tenda di RS itu untuk yang sakit. Jam 03.00 waktu setempat ada yang melahirkan dua anak. Jadi, itu tepat karena kemudian kita bisa mengarahkan," jelasnya.
Social Affair Command Center Kemensos juga sudah terintegrasi dengan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) untuk memberikan informasi tentang terjadinya bencana gempa bumi secara real time. Pusat Kendali ini dikembangkan sejak tahun 2022 dan memulai masa percobaan operasional sejak bulan Juni 2022.
Jam operasional Social Affair Command Center Kemensos adalah 24 jam. Mereka menerima pengaduan dan mencari informasi melalui layanan telepon 171, Media Massa dan Media Sosial, Sumber Daya Manusia Penyelenggara Kesejahteraan Sosial, Surat Masuk dan Aplikasi pengaduan lainnya. Agar hasilnya maksimal, Kemensos telah menyiapkan software dan 27 Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Rena Laila Wuri
Editor: Puri Mei Setyaningrum
Tag Terkait:
Advertisement