Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Mengenal equpos: Inovasi Fitur yang Lebih Mumpuni untuk Bisnis Ritel

Mengenal equpos: Inovasi Fitur yang Lebih Mumpuni untuk Bisnis Ritel Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Penerapan teknologi yang tepat menjadi salah satu kunci sukses bagi para pelaku bisnis ritel agar dapat memenangkan persaingan bisnis. Karena, ujung tombak penjualan ritel terletak pada implementasi sistem POS. Dengan fitur terbaik yang dimiliki oleh equpos, strategi penjualan menjadi lebih efektif. Sistem dapat dioperasikan lebih efisien dengan fitur kontrol terpusat dan topologi yang lebih sederhana. 

PT Equnix Solusi Retail yang merupakan anak perusahaan Equnix Business Solutions, berfokus pada high performance transaction system menciptakan fitur-fitur mumpuni pada equpos. Sistem ini memiliki kelengkapan yang dibutuhkan oleh hypermarket dengan adanya kemudahan penggunaan, pengoperasian, dan perawatan.

Sebagai karya anak bangsa, equpos dikembangkan dari riset dan pengembangan atas kebutuhan industri ritel saat ini dan ke depan. Fitur-fitur yang terdapat di dalamnya dapat menunjang efisiensi, kemudahan dan kecepatan operasi serta pengembangan bisnis. Topologi yang digunakan sangat sederhana, komunikasi data dari terminal langsung ke kantor pusat. Tidak kalah pentingnya, proses transfer dan distribusi data yang sangat cepat dan efisien, sehingga hanya membutuhkan bandwidth yang kecil dan tahan terhadap intermiten.

Sejak Januari 2023, YOGYA Supermarket yang memiliki cukup banyak cabangnya di wilayah Indonesia, telah mengimplementasikan equpos. equpos sudah mulai digunakan secara intensif, dengan fitur terbaru yang sangat memudahkan operasional di toko. Banyak promo yang variatif sangat membantu dalam mendukung kampanye marketing.

"Equpos memiliki keunggulan yang sebelumnya tidak didapatkan oleh sistem POS lainnya. equpos kaya akan fitur yang dibutuhkan perusahaan ritel untuk meningkatkan keunggulan kompetitifnya," kata CEO PT Equnix Solusi Retail, Julyanto Sutandang. 

Dijelaskan olehnya, keunggulan equpos lainnya antara lain:

1. Memiliki lebih dari 27 jenis promosi dan dapat dikombinasikan menjadi lebih dari 100 variasi. 

2. Integrasi POS dengan mesin EDC dan QRIS

3. Konsolidasi data penjualan real time

4. Pengenalan perangkat USB yang otomatis

5. User Interface yang komprehensif dan informatif

6. Distribusi data master yang hemat bandwidth 

7. Drawer lebih cepat terbuka

8. Monitoring dashboard yang komprehensif

9. Kontrol terminal yang terintegrasi

10. Kemampuan pelaporan yang lengkap dan dapat dikustomisasi

11. Operasional lebih mudah dan kasir bisa pulang lebih cepat karena EOD terlaksana dengan kurun waktu hanya dalam beberapa detik. 

“Sistem aplikasi ini efisien dengan pemakaian existing hardware. Artinya, hardware buatan tahun 2008 pun masih bisa digunakan. Equpos juga tidak bergantung pada koneksi jaringan sehingga transaksi bisa tetap berjalan jika jaringan mati. Ketika listrik kembali menyala, kasir tidak perlu mengulang dari awal. Selain itu, fungsi menambahkan variasi promosi juga bisa mendorong penjualan yang lebih tinggi, meraih lebih banyak pelanggan, juga memiliki lebih banyak pendapatan. Perawatannya sangat mudah, tidak perlu lagi staf TI di toko, sehingga menjadi lebih efisien,” jelas Julyanto. 

Untuk diketahui, Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) memproyeksikan penjualan ritel bisa tumbuh 4% sampai 4,5% pada 2023 karena sejumlah faktor, menurut Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Roy Nicholas Mandey. 

“Kinerja penjualan ritel tahun ini bakal dipengaruhi faktor, antara lain termasuk dimulainya tahun politik, diperpanjangnya bantuan langsung tunai untuk masyarakat miskin pada 2023, dan dicabutnya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) akhir tahun lalu. Faktor-faktor ini berpotensi menjaga daya beli sehingga bisa berpengaruh terhadap kinerja penjualan ritel,” sebutnya. 

Ia meyakini industri ritel terus bergeliat meski banyaknya persaingan antar gerai maupun dengan toko online. Kunci bertahan, peritel harus selalu inovatif, termasuk dalam pemanfaatan teknologi. “Pebisnis ritel dengan konsep yang menarik, kreatif, dan inovatif tentunya sangat disambut oleh masyarakat Indonesia,” ungkap Roy. 

Baca Juga: Gerindra Amankan 10 Kursi DPRD Bali, Cuma Bangli yang Gagal Kirim Wakil

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Sufri Yuliardi
Editor: Sufri Yuliardi

Advertisement

Bagikan Artikel: