Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kemenkominfo: Gali Potensi Digital Anak Bangsa Lewat Seleksi Nasional IdenTIK 2023

Kemenkominfo: Gali Potensi Digital Anak Bangsa Lewat Seleksi Nasional IdenTIK 2023 Kredit Foto: Rahmat Saepulloh
Warta Ekonomi, Bandung -

Dalam menghadapi era revolusi Industri 4.0 dan menuju Masyarakat Cerdas 5.0, pemerintah Indonesia membutuhkan inovasi dan kreativitas para pengembang aplikasi. Untuk itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) kembali mengadakan Kompetisi Seleksi Nasional Indonesia Enterpreneur TIK (IdenTIK) 2023. 

Direktur Pemberdayaan Informasi Kemenkominfo, Bonifasius Wahyu Pudjianto, mengatakan revolusi Industri 4.0 sendiri memerlukan kesiapan infrastruktur digital yang andal dan inovasi teknologi yang mumpuni, sedangkan Masyarakat Cerdas 5.0 berfokus pada pemanfaatan teknologi untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat. 

Baca Juga: Kemenkominfo bersama Siberkreasi Gelar Literasi Digital untuk Siswa di Bogor

"Program Identik merupakan wujud nyata dukungan Kementerian Komunikasi dan Informatika terhadap ekosistem digital Indonesia dan menjawab kebutuhan masyarakat akan layanan digital yang aman dan inovatif," kata Bonifasius kepada wartawan di Bandung, Selasa (11/4/2023).

IdenTIK merupakan program pengembangan dari ID.UP, sebuah wadah kompetisi untuk mendorong munculnya potensi produk Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) karya anak bangsa yang mampu unjuk gigi di mata dunia.

"IdenTIK dan AICTA adalah sarana sekaligus ajang kompetisi untuk mendorong pertumbuhan pelaku industri lokal serta tersedianya perangkat lunak dari pengembang lokal yang berkualitas dan siap bersaing pada kawasan ASEAN dan global," ungkapnya.

Terdapat enam kategori kompetisi dalam IdenTIK, di antaranya Public Sector, Private Sector, Inovasi Teknologi Konten Digital, Digital Inclusivity, Digital Start-up, dan Digital Innovation.

Baca Juga: Siap Turun Tangan Menyukseskan KTT ASEAN di Labuan Bajo, Begini Strategi Jitu Kemenkominfo

Adapun, pelaksanaan kompetisi Identik meliputi Opening Submission/pendaftaran IdenTIK, penjaringan peserta kompetisi melalui rangkaian roadshow IdenTIK di beberapa kota; proses Submission/Pendaftaran karya dilakukan secara online melalui official website IdenTIK di URL  https:/identik.id, Closing Submission/pendaftaran IdenTIK; serta kurasi dan penjurian oleh Juri IdenTIK dan Pengumuman Pemenang IdenTIK.

Seperti diketahui, pelaksanaan kompetisi IdenTIK telah berjalan sejak 2019, sejumlah 30 karya ditetapkan sebagai karya terpilih pada setiap tahunnya dan sejauh ini secara total selama penyelenggaraan kompetisi IdenTIK sudah menjaring sekitar 708 karya dari para peserta.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Rahmat Saepulloh
Editor: Ayu Almas

Advertisement

Bagikan Artikel: