Telah diselenggarakan sejak tahun 2017 dengan tujuan memberikan edukasi mengenai strategi penjualan di era digital untuk meningkatkan potensi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UKM), JNE Ngajak Online kembali menghadirkan forum bincang bersama pebisnis muda di 10 Kota besar di Indonesia dengan tema "Goll.. Aborasi Creativolution" untuk para UKM Indonesia.
Menjadi kota kedua, JNE Ngajak Online 2023 dilaksanakan di Kota Bandung yang dimeriahkan oleh pembicara dari kalangan bisnis model yang berbeda-beda. Penampilan spesial United States of Bandung Percussion (USBP) membuka acara JNE Ngajak Online 2023 "Goll.. Aborasi" Kota Bandung dengan menciptakan interaksi kepada para peserta yang hadir di De’Medelline Café Bandung, Jawa Barat, Selasa sore (16/5/2023).
Baca Juga: 10th Edition JNE Content Competitions Bakal Dongkrak Literasi Indonesia
"Kita harus beradaptasi dengan kebiasaan baru untuk melakukan semangat kolaborasi bersama di era digital saat ini. JNE kembali mempersembahkan program unggulan, yaitu JNE Ngajak Online 2023 Goll.. Aborasi dengan tema Creativolution," kata Head of Regional Jawa Barat, Murah Lestari.
Menurutnya, program ini ditujukan dengan maksud memberikan edukasi mengenai strategi inovasi dan kolaboratif di era digital dengan sasaran para UKM untuk meningkatkan daya saing UKM agar bisa naik kelas.
JNE Ngajak Online ini merupakan bentuk nyata untuk memberikan dukungan terhadap pemulihan perekonomian secara nasional. "Semoga acara ini bisa menjadi bekal dan inspirasi teman-teman UKM," ujarnya.
Sementara itu, merek perlengkapan luar ruang ternama asal Indonesia turut hadir dalam JNE Ngajak Online 2023 Kota Bandung. Digital Business Development Lead of EIGER, Nabila Puterina Wahyu, mengatakan, secara kreatif, EIGER mempertahankan brand identitas dan creativolution sejak awal sudah terjun dalam kanal media sosial.
Adapun strategi digital marketing yang dilakukan EIGER seperti rekor 32 jam live streaming, shop entertainment (live music, talkshow, dan online shop). "34 tahun berdiri, tak kalah beda dengan JNE yang ke-33 tahun berinovasi dan menjaga suatu bisnis. EIGER selalu mempertahankan brand identity dengan komitmen pada brand kami," ungkapnya.
Sementara itu, Entrepreneur & Content Creator, Decky Sastra, berhasil membawa brand lokal miliknya untuk tembus ke pasar Internasional. Pemilik jaket ternama Rawtype Riot, brand dengan konsep genuine art & co, itu mengungkapkan kisah pemasaran produk andalannya yang telah melewati banyak rintangan sejak 2017.
Namun, kreativitasnya terus diasah, seperti strategi memasarkan produk jaket yang telah digunakan oleh Presiden Indonesia, Jokowi. "Ada cerita di balik pembuatan produk yang kami jadikan acuan unique selling point Rawtype Riot. Bagaimana kami bisa menerjemahkan sebuah produk kepada klien, seperti cerita grafis dan materi keseluruhan produk yang dikemas bagi segmen pasar kami. Itulah yang kami terapkan secara konsisten dari produk-produk kami yang limited edition," jelasnya.
Creativepreneur & Founder Sneakon juga turut membagikan pengalaman berbisnis yang dijajak dari nol bersama sang istri. Ia menyatakan, mengikuti tren menjadi fokus mereka untuk melakukan perkembangan dari setiap strategi ataupun taktik yang diterapkan pada brand mereka.
"Ada proses yang kami terapkan sejak 2016 mencoba berbisnis. Diskusi jadi tahap paling terpenting dalam hidup menjalankan bisnis termasuk juga riset," katanya.
Mengusung tema "Dinamika Pemasaran untuk Milenial dan Gen Z" demi mengembangkan produk unggulan, Head of Media Relation JNE, Kurnia Nugraha, menambahkan, suatu brand atau produk harus mempunyai value atau pembeda saat membuat brand tersebut.
JNE bersama Roket Indonesia menjanjikan bentuk kolaborasi kreatif dengan pedagang secara konsisten dan komitmen. "Disrupsi digital sangat memengaruhi brand, kami siap membantu pelayanan dengan memberikan berbagai peluang bagi UMKM untuk menciptakan produk yang nantinya bisa tumbuh besar," pungkasnya.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Rahmat Saepulloh
Editor: Puri Mei Setyaningrum
Advertisement