Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

China HomeLife Indonesia Keempat Kembali Digelar di JIEXPO Kemayoran, Tawarkan 20.000 Produk

China HomeLife Indonesia Keempat Kembali Digelar di JIEXPO Kemayoran, Tawarkan 20.000 Produk Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

China Trade Fair Indonesia atau pameran perdagangan China yang keempat kembali digelar di JIEXPO, Kawasan Kemayoran, Jakarta. Dengan tema "China Homelife Indonesia 2023", pameran perdagangan ini digelar selama tiga hari, mulai 24 hingga 26 Mei 2023.

Menurut Marolop Nainggolan selaku Director ministry of trade of Indonesia, The 4th China Homelife Indonesia sendiri diselenggarakan oleh Wenzhou, pemerintah rakyat kota, serta didukung oleh Departemen Perdagangan Provinsi Guangdong.

Baca Juga: Jepang Lewat! Kini China Jadi Pengekspor Mobil Terbesar Dunia, Untung Besar dari Perang Rusia-Ukraina

"China Trade Fair Indonesia 2023 kali ini disponsori bersama oleh Dewan Ningbo untuk promosi perdagangan internasional, Biro Perdagangan Kota Taizhou, Wenzhou Biro Perdagangan Kota serta Pameran Internasional Meorient," ungkap Marolop pada Rabu (24/5/2023).

Selain itu, menurut Marolop Nainggolan, pameran internasional tersebut juga diselenggarakan bersama oleh Tionghoa-Indonesia Kamar Dagang, Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO), Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII), Perkumpulan Pengusaha Aksesoris Mobil Indonesia (PAHAMI), serta Foshan Shunde District Small dan Asosiasi Usaha Menengah.

China Trade Fair Indonesia 2023 akan menampilkan sekitar 800 supplier China yang berasal dari 30 kota di 11 provinsi, termasuk Zhejiang, Guangdong, serta Jiangsu untuk menghadiri pameran. Dalam pameran ini, terdapat 1.000 stand dan area pameran yang menempati lahan 20.000 meter persegi. Pameran ini akan mencakup banyak industri dan bidang, termasuk 9 pameran profesional utama.

Sementara itu, menurut Edi Margono selaku Sub Koordinator Urusan Pemasaran Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, UKM Provinsi DKI Jakarta, latar belakang digelarnya China Trade Fair hingga keempat kalinya di Tanah Air mengingat Indonesia di mata Negeri Tirai Bambu tersebut adalah ekonomi terbesar di Asia Tenggara serta negara yang menjanjikan untuk peluang bisnis.

"Dengan sumber daya alam dan industri yang melimpah, fasilitas yang mulai terbangun, menjadikan Indonesia sebagai lokasi bisnis yang menggiurkan bagi pelaku bisnis dalam dan luar negeri," tandas Edi Margono.

Pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang meyakini pada tahun 2045 mendatang, Indonesia akan menjadi negara dengan ekonomi terbesar ke-4 di dunia juga menjadi nilai tambah bagi Indonesia dan China untuk kembali menggelar China Trade Fair Indonesia yang keempat kalinya.

Seperti diketahui, sebelumnya, China Trade Fair Indonesia yang keempat dengan tema China HomeLife Indonesia digelar oleh PT Meorient Exhibition International. Menurut Fajar Rizki, pameran ini merupakan kunjungan yang kedua dari Meorient International Exhibition ke Tenggara Pasar Asia.

Sebelumnya pada 16 hingga 18 Maret 2023 lalu atau hanya berselang sekitar dua bulan lalu, Meorient International Exhibition juga menggelar pameran sejenis bertajuk 3rd China Homelife Indonesia.

"Di dalam pameran tersebut tercatat ada sekitar 31.364 pembeli, 7.286 pembeli VIP, 3.877 pembeli bill of lading serta 2.734 peserta pameran yang terseleksi. Selama tiga hari pameran total turnover mencapai Rp2,192 miliar," jelasnya.

Sektor industri yang dipamerkan di China Homelife Indonesia meliputi tekstil-garmen, mesin industri, peralatan rumah tangga, hadiah rumah, bahan bangunan dan perangkat keras, listrik energi, kecantikan, elektronik konsumen serta suku cadang mobil. Pameran ini juga akan memamerkan lebih dari 20.000 produk yang ditampilkan untuk dilihat oleh pengunjung pameran.

Baca Juga: Kisah Perajin Gantungan Kunci Binaan BRI, Ikut Pameran Ditengah Perhelatan KTT ke-42 Asean Labuan Bajo

Dengan menjadi pameran perdagangan China terbesar di Indonesia, China Homelife Indonesia bertujuan untuk membantu pengusaha China dan Indonesia untuk membangun hubungan bisnis jangka panjang yang sama-sama menguntungkan kedua belah pihak. Selama China Homelife Indonesia ke-4, Meorient juga akan mengadakan forum bisnis dari berbagai sektor industri.

Forum itu sendiri dimaksudkan untuk menjadi platform untuk menghubungkan bisnis China dan pengusaha Indonesia serta mempromosikan investasi China di Indonesia. Untuk menjadi bagian dari acara ini dapat mengakses www.tradechina.com atau Instagram resmi @meorient.id.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Ayu Almas

Advertisement

Bagikan Artikel:

Berita Terkait