Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Lewat Hari Belanja Diskon Indonesia, Wamendag Ajak Pelaku Usaha Gali Potensi Pasar

Lewat Hari Belanja Diskon Indonesia, Wamendag Ajak Pelaku Usaha Gali Potensi Pasar Kredit Foto: Alfida Rizky Febrianna
Warta Ekonomi, Jakarta -

Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga menyampaikan penyelenggaraan Hari Belanja Diskon Indonesia (HBDI) 2023 yang akan digelar Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) pada 14-27 Agustus 2023 merupakan peluang bagi para pelaku usaha untuk menggali potensi pasar secara maksimal. 

Jerry berharap, dengan memanfaatkan potensi tersebut, akan turut membangkitkan geliat perekonomian nasional. 

Baca Juga: Pemegang Mandiri Kartu Kredit Pasti Senang, Ada Diskon Rp11 Juta di Dwidayatour Carnival 2023 Lho!

Hal ini disampaikannya dalam acara Sosialisasi Program HBDI 2023 dan Perayaan Hari Ulang Tahun Hippindo ke-7 yang diselenggarakan di Kementerian Perdagangan (Kemendag), Jakarta.

"Momen ini merupakan kesempatan emas bagi para pelaku usaha yang bergerak di sektor ritel, kuliner, dan hiburan untuk menggali potensi pasar. Penyelenggaraan HBDI juga diharapkan menggairahkan sektor perdagangan dan pariwisata yang pada gilirannya akan mendorong peningkatan pertumbuhan ekonomi Indonesia," jelas Jerry, dikutip Jumat (9/6/2023).

Menurut Jerry, kegiatan HBDI yang dilaksanakan di berbagai pusat perbelanjaan, baik daring maupun luring, akan menggerakkan daya beli masyarakat dan mendorong perekonomian Indonesia yang diproyeksikan tumbuh sekitar 4,5-5,3 persen di 2023.

Selain itu, aktivitas masyarakat yang kembali normal sejak dicabutnya kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dan dinyatakan berakhirnya pandemi Covid-19, dapat menjadi katalisator dalam pemulihan perdagangan nasional seiring dengan meningkatnya aktivitas dan daya beli masyarakat. 

Melalui HBDI pula, Indonesia dapat mengenalkan produk lokal dan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) kepada masyarakat khususnya wisatawan mancanegara sekaligus ikut mengampanyekan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia.

"Kementerian Perdagangan sangat mendukung kegiatan ini karena sejalan dengan tugas dan fungsi kami yaitu pemberdayaan dan pengembangan ekonomi masyarakat, terutama dalam memajukan para pelaku UMKM Indonesia agar naik kelas dan maju menjadi UMKM berorientasi ekspor dan berdaya saing Internasional," tegasnya.

Baca Juga: KAI Tebar Diskon Sana-sini, Jalan-jalan Gunakan Kereta Enggak Perlu Pusing Lagi

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum Hippindo, Budihardjo Iduansjah, menyampaikan gelaran HBDI tidak hanya mengenai pesta diskon saja, namun juga mengenalkan jenis-jenis kain tradisional Indonesia mulai dari batik, songket, tenun, dan kain ikat yang digunakan sebagai logo HBDI.

"Melalui HBDI, Hippindo senantiasa mengambil peran dalam berbagai kegiatan yang mendorong percepatan ekonomi nasional dan semangat untuk bangkit bersama dalam membangun bangsa," pungkas Budiharjo.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Alfida Rizky Febrianna
Editor: Ayu Almas

Advertisement

Bagikan Artikel: