Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Perdana! Mendag Zulhas Resmikan Minimarket Domart di Malaysia, Jual 100% Produk Indonesia

Perdana! Mendag Zulhas Resmikan Minimarket Domart di Malaysia, Jual 100% Produk Indonesia Kredit Foto: Kemendag
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menteri Perdagangan (Mendag) RI Zulkifli Hasan (Zulhas) meresmikan pembukaan Domart, minimarket pertama yang 100% menjual produk Indonesia sekaligus menyajikan makanan khas Indonesia, di Kuala Lumpur, Malaysia.

Menurut Zulhas, langkah ini bukan hanya sebuah pencapaian, tapi juga langkah maju yang besar bagi pertumbuhan ekonomi dan kerja sama antara Indonesia dan Malaysia. 

Baca Juga: Mendag Zulhas: Kebijakan Ekspor CPO Melalui Bursa Berjangka di Indonesia

"Kementerian Perdagangan (Kemendag) sangat mendukung usaha kecil, dan menengah (UKM) untuk berkontribusi terhadap peningkatan ekspor Indonesia, khususnya ke Malaysia," kata Zulhas, dikutip Jumat (9/6/2023).

Ia lalu mengucapkan terima kasih kepada salah satu pemilik Domart Wachidal, Mustafa Dimyani, yang telah berhasil membuka toko pertamanya di Malaysia. 

"Kami berharap, akan dibuka kembali toko-toko berikutnya di seluruh pelosok Malaysia," tambahnya. 

Menurut Zulhas, Domart tidak hanya sekedar toko, tetapi juga simbol dari kerja sama dan persahabatan antara dua negara. 

"Melalui Domart, kita berupaya untuk memperkenalkan dan mempromosikan produk-produk Indonesia termasuk produk UKM kepada masyarakat Malaysia. Sebaliknya, kita juga berharap Domart dapat menjadi jembatan bagi para pengusaha Indonesia untuk memasuki pasar Malaysia," katanya.

Kemendag berkomitmen untuk memberikan dukungan dan fasilitas yang dibutuhkan UKM dalam meningkatkan kapasitas produksi dan kualitas produk, serta memperluas jangkauan pasar mereka. Domart diharapkan menjadi bagian penting dari peningkatan ekspor Indonesia ke Malaysia.

"Pembukaan Domart hari ini merupakan bukti dari semangat kewirausahaan dan inovasi yang kuat. Saya yakin, dengan dukungan dan kerja sama dari semua pihak, Domart dapat tumbuh dan berkembang menjadi toko yang sukses dan dicintai oleh masyarakat Malaysia," ungkap Zulhas.

Pada 2022, ekspor nonmigas Indonesia ke Malaysia mencapai USD13,6 miliar, meningkat 27,6 persen dibandingkan 2021. Ini merupakan bukti nyata dari kekuatan dan potensi pasar Indonesia. Malaysia bukan hanya sekadar negara tetangga, tetapi merupakan pasar yang sangat potensial bagi produk-produk Indonesia.

Baca Juga: Oleh-Oleh dari Jokowi, Indonesia-Malaysia Sepakati Batas Laut Setelah 18 Tahun

Indonesia dan Malaysia memiliki banyak kesamaan, baik dari segi demografi maupun geografi, yang memungkinkan produk-produk Indonesia dapat diterima masyarakat Malaysia. Selain itu, Malaysia merupakan konsumen potensial untuk produk-produk Indonesia.

"Jadi, kita memiliki dua pasar potensial besar di Malaysia, yaitu masyarakat Malaysia sendiri dan komunitas indonesia yang besar di sini. Dengan adanya Domart, kita berharap bisa lebih efektif dalam menjangkau kedua pasar ini dan sekaligus meningkatkan ekspor produk kita," tutup Zulhas.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Alfida Rizky Febrianna
Editor: Ayu Almas

Advertisement

Bagikan Artikel: