Merchant aggregator OttoPay berkolaborasi dengan Bina, solusi perbankan digital dari Bank Ina Perdana, meluncurkan layanan pinjaman bertajuk Pinjaman Digital Bina. Layanan ini menawarkan pinjaman kepada pelaku UMKM terpilih yang telah menjadi mitra OttoPay.
Pinjaman Digital Bina ini ditawarkan dengan beberapa keuntungan. Pertama, proses pengajuan cepat dan mudah. Untuk mendapatkan pinjaman, mitra OttoPay tidak diharuskan datang ke cabang Bank Ina. Cukup mengajukan pinjaman melalui aplikasi OttoPay, mitra dapat menerima kredit pinjaman selambatnya dalam 3 hari kerja setelah perjanjian kredit ditandatangani secara digital. Bagi mitra yang belum memiliki rekening Bina, proses pembukaan rekening dapat dilakukan dengan mudah dan cepat via aplikasi.
Kedua, skema kredit pinjaman hadir dengan tenor yang lebih fleksibel. Sebagai kreditur, Bank Ina memberikan opsi tenor pinjaman hingga 3 bulan tanpa agunan. Pinjaman yang telah dilunasi lebih cepat dari tenor pun tidak akan dikenakan penalti. Keuntungan ketiga, seluruh proses mulai dari pengajuan, penilaian, hingga pencairan dana kredit dilakukan secara digital. Dana kredit yang dicairkan bisa langsung digunakan untuk berbelanja di Aplikasi OttoPay.
“Memasuki tahun kelima kehadiran kami sebagai merchant aggregator bagi para UMKM, OttoPay bangga untuk meluncurkan layanan pinjaman digital. Bekerja sama dengan Bina yang juga berfokus pada pengembangan UMKM, fasilitas dan skema dalam layanan kredit ini telah disesuaikan agar dapat memudahkan dan mengakselerasi pertumbuhan bisnis UMKM didukung dengan sentuhan digital” tutur Grace Sunarjo selaku Direktur OttoPay.
Baca Juga: Berkat Dukungan Ekosistem Salim Group, Bank Ina Optimis Sepanjang 2023 Transaksi Valas Bakal Capai US$500 juta
Untuk mengajukan pinjaman, mitra OttoPay hanya perlu melampirkan beberapa dokumen ke aplikasi OttoPay seperti data diri, eKTP, dan swafoto (selfie) dengan eKTP.Besaran pinjaman yang bisa diajukan pun terbilang cukup besar, yakni hingga mencapai Rp25 juta. Dana kredit pinjaman ini juga dapat dipakai berkali-kali selama limit masih ada dan tidak ada tunggakan pembayaran dari pinjaman yang sebelumnya.
Berkomitmen untuk mendukung digitalisasi UMKM, OttoPay membagi fokusnya ke dalam dua layanan utama. Layanan pertama, yaitu solusi mitra UMKM yang terdiri dari layanan penyediaan barang grosir, penjualan produk digital, pembayaran non tunai, pencatatan transaksi digital, hingga akses modal usaha. Sementara layanan kedua yaitu solusi mitra bisnis menyediakan layanan payment gateway, electronic data capture (EDC), pembayaran quick response code Indonesian standard (QRIS), hingga evaluasi transaksi.
“Untuk mengoptimalisasi potensi UMKM, diperlukan adanya dukungan dan kolaborasi dari berbagai sektor, termasuk sektor digital. Untuk itu, Bina bangga dapat menjadi partner OttoPay yang juga bersama-sama hadir untuk berfokus pada pengembangan sektor UMKM demi meningkatkan perekonomian Indonesia,” tutup Direktur Digital Banking Bank Ina, Yulius Purnama Junaedi.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Annisa Nurfitri
Editor: Annisa Nurfitri
Tag Terkait:
Advertisement