Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Catat Tanggalnya, Emiten Prajogo Pangestu Ini Siap Sebar Dividen Senilai US$10 Juta!

Catat Tanggalnya, Emiten Prajogo Pangestu Ini Siap Sebar Dividen Senilai US$10 Juta! Kredit Foto: Barito Pasific
Warta Ekonomi, Jakarta -

Setelah mendapatkan restu dari para pemegang saham melalui Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada 12 Juni 2023 lalu, PT Barito Pacific Tbk (BRPT) sepakat untuk membagikan dividen. Berdasarkan keterbukaan informasi, diketahui bahwa perusahaan tersebut akan menebar dividen sebesar Rp1,59 per unit saham.

Approver Barito Pacific, Rachman Budiman Witarlan, mengatakan bahwa perusahaan yang bergerak di sektor petrokimia itu menyiapkan amunisi sebesar US$10 juta atau setara dengan Rp148,95 miliar (asumsi kurs Rp14.895 per dolar AS). Perlu diketahui bahwa Barito Pacific menganggarkan 99% perolehan laba bersihnya untuk membiayai aksi korporasi tersebut.

Baca Juga: Siap-Siap, Jaya Real Property Segera Bagikan Dividen Senilai Rp288,75 Miliar

“Pemegang saham yang berhak menerima pembagian dividen adalah mereka yang namanya tercantum dalam Daftar Pemegang Saham (DPS) per tanggal 22 Juni 2023 pukul 16.00 WIB,” jelas Rachman dalam keterangan resmi, Jakarta, Kamis, 15 Juni 2023.

Rachman menyebutkan, jadwal pembagian dividen Barito Pacific dimulai pada tanggal 20 Juni 2023 ketika periode cum dividen di pasar reguler dan pasar negosiasi dimulai. Selanjutnya, terdapat agenda ex dividen di pasar yang sama pada tanggal 21 Juni 2023.

Agenda terus berlanjut pada tanggal 22 Juni 2023 untuk melaksanakan agenda cum dividen di pasar tunai. Sebelum dividen dibayarkan kepada para pemegang saham yang berhak pada 14 Juli 2023, terdapat agenda ex dividen di pasar tunai terlebih dahulu yang jatuh pada tanggal 23 Juni 2023.

Baca Juga: HM Sampoerna Segera Tebar Dividen Senilai Rp54,7 per Lembar, Simak Jadwalnya!

Sebagai catatan, emiten kepunyaan Prajogo Pangestu itu hanya mengantongi laba sebesar US$1,75 juta sepanjang tahun lalu. Oleh sebab itu, untuk dapat membagikan dividen dalam jumlah yang sudah disepakati, Barito Pacific memutuskan untuk merogoh US$8,26 juta saldo laba ditahan. 

Baca Juga: Kominfo Ajak Masyarakat Waspadai Jeratan Investasi dan Pinjol Ilegal, Begini Ciri-cirinya

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Yohanna Valerie Immanuella
Editor: Yohanna Valerie Immanuella

Advertisement

Bagikan Artikel: