Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Tambah Investasi di Indonesia, Alibaba Cloud Kenalkan Beberapa Produk dan Solusi AI

Tambah Investasi di Indonesia, Alibaba Cloud Kenalkan Beberapa Produk dan Solusi AI Kredit Foto: Alibaba
Warta Ekonomi, Jakarta -

Perusahaan teknologi digital dan inteligensi milik Alibaba Group, Alibaba Cloud telah menambah investasinya di Indonesia dengan memberi lebih banyak sumber daya untuk membangun kemitraaan lokal dan memperkenalkan produk dan solusi kecerdasan artifisial (AI) tambahan untuk memenuhi permintaan transformasi pelanggan lokal.

Dilansir dari keterangannya pada Rabu (21/6/2023), Alibaba Cloud juga menghadirkan banyak produk cloud atau komputasi awan ke kota-kota luar wilayah metropolitan Jakarta. 

Country Manager Indonesia Alibaba Cloud Intelligence, Leon Chen menjelaskan, Alibaba Cloud meningkatkan sumber daya dari dalam negeri untuk memenuhi permintaan transformasi digital. 

Baca Juga: Jack Ma Bikin Geger karena Muncul Tiba-Tiba, Bos Alibaba Komentar: Ma Masih Hidup dan Berbahagia

“Sebagai penyedia layanan cloud global pertama yang melayani pasar Indonesia sejak 2016, Alibaba Cloud telah meningkatkan sumber daya dari dalam negeri untuk memenuhi permintaan transformasi digital yang terus berkembang dari para pelanggan dan mitranya,” ujar Leon. 

“Kami akan terus berinvestasi dalam kemitraan lokal, penawaran produk, dan pelatihan talenta digital untuk memberikan nilai yang lebih nyata kepada komunitas dan industri lokal,” sambungnya.

Selain itu, Alibaba Cloud juga mendukung ekosistem lokal yang berkembang pesat melalui lebih dari 200 mitranya di Indonesia. Secara khusus, perusahaan telah bekerja sama dengan lebih dari 50 mitra teknologi untuk mengembangkan solusi vertikal guna memenuhi kebutuhan khusus pelanggan di berbagai sektor termasuk layanan keuangan, layanan publik, ritel, logistik, manufaktur, dan lainnya.

Tahun ini, klien seperti Bank Tabungan Negara (Bank BTN), PT Jasa Angkasa Semesta (PT JAS) dan J&T Cargo telah memilih Alibaba Cloud sebagai penyedia jasa cloud pilihan mereka. 

Bank BTN bekerja sama dengan Alibaba Cloud untuk memperkuat aplikasi mobile banking terbaru, JAS memilih Alibaba Cloud untuk meningkatkan operasionalnya secara digital di sektor logistik pintar, sementara J&T Cargo memilih Alibaba Cloud untuk memberi solusi database cloud-native beragam untuk menangani lonjakan permintaan pengiriman e-commerce.

Tidak hanya itu, Alibaba Cloud juga mengumumkan peluncuran beberapa produk dan solusi baru terkait AI di Indonesia untuk mendorong inovasi dan meningkatkan kinerja klien di berbagai sektor, seperti EasyDispatch, AnalyticDB for PostgreSQL, dan Cloudverse. 

Ditambah lagi, sejalan dengan upaya berkelanjutan Alibaba Cloud untuk meningkatkan dukungan sumber daya cloud di kota-kota tier-2 dan tier-3, tahun ini perusahaan telah memperluas dukungannya ke Makassar, selain Bandung, Bali, Surabaya, dan Yogyakarta.

Sejak program diluncurkan pada 2022 lalu, Alibaba Cloud telah memperdalam kolaborasinya dengan 18 mitra ekosistem dari kota tingkat 1 hingga tingkat 3. Ini menawarkan dukungan lokal—termasuk kolaborasi dengan asosiasi lokal dan komunitas pengembang—untuk mempromosikan cloud dan teknologi digital, program bersama dengan universitas tentang pelatihan talenta digital, serta dukungan TI dan konsultasi teknis tentang adopsi cloud lintas sektor.

Dukungan komprehensif ini membantu lebih banyak bisnis lokal menuai keuntungan dan meraih peluang pertumbuhan yang lazim di era cloud.

Baca Juga: Demi Perkuat Penguasaan Pasar, Anak Usaha Pertamina Jalin Kerja Sama dengan KKMC

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Nadia Khadijah Putri
Editor: Rosmayanti

Advertisement

Bagikan Artikel: