Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Survei Indikator: Kepercayaan Publik Terhadap Partai Politik dan DPR Stabil di Posisi Terendah

Survei Indikator: Kepercayaan Publik Terhadap Partai Politik dan DPR Stabil di Posisi Terendah Kredit Foto: Andi Hidayat
Warta Ekonomi, Jakarta -

Indikator Politik Indonesia dalam rilis surveinya yang dilakukan pada periode 20-24 Juni 2023 pada 1.220 responden mengungkap bahwa Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan Partai Politik merupakan lembaga yang memiliki tingkat kepercayaan public paling rendah.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi mengungkap, kepercayaan publik pada lembaga DPR dan Partai Politik ada diurutan terendah. Kendati demikian, dia menyebut bahwa hal itu menunjukan konsistensi dari periode survei sebelumnya.

Baca Juga: Survei Indikator: Tingkat Kepercayaan Publik ke Kejaksaan Agung Tertinggi Sepanjang Sejarah

Berdasarkan hasil surveinya, Burhanuddin menyebur ada 7,1 persen public yang sangat percaya pada DPR, 61,4 percaya, 26,6 persen kurang percaya, dan 3,1 persen tidak percaya sama sekali. Pun begitu pula dengan Partai Politik, 6,6 persen publik sangat percaya, 58,7 percaya, 29,5 persen tidak percaya, dan 2,8 persen sangat tidak percya pada Partai Politik.

“Yang relative stabil, mohon maaf pada anggota DPR yang terhormat, yang stabil tapi stabilnya rendah itu trust public terhadap Partai Politik, terhadap DPR itu masih di bawa,” kata Burhanuddin dalam paparannya.

Meski demikian, Burhanuddin menyebut Partai Politik dan DPR sempat berada pada kepercayaan yang tinggi meski selalu berada di urutan paling rendah diantara Lembaga lainnya.

Dia juga menyebut, Partai Politik sempat berada di urutan terendah pada September 2017 lalu. Pada saat itu,Burhanuddin menyebut tingkat kepercayaan public pada Partai Politik hanya sebesar 39,2 persen.

“Sekarang PR Parta Politik-DPR adalah bagaimana meningkatkan trust-nya, minimal di atas 70 persen,” tandasnya.

Baca Juga: Nasib Apes Imigran Gelap Asal Pakistan, Ditipu Agen hingga Diusir dari Bali

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Andi Hidayat
Editor: Fajria Anindya Utami

Advertisement

Bagikan Artikel: