Fokus Garap Segmen Bisnis SME, Telkom Bakal Hadirkan IndiBiz yang Jadi Solusi Digital Bagi UMKM
PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menyatakan bahwa perusahaan akan mulai serius menggarap segmen bisnis Usaha Kecil Menengah (UKM) atau Small Medium Enteprise (SME). Perusahaan telekomunikasi pelat merah ini pun bakal meluncurkan platform Indibiz di ajang Digiland 2023.
Direktur Utama Telkom Indonesia Ririek Adriansyah mengungkapkan bahwa dengan refocusing bisnis Telkom ke segmen Business to Business (B2B), perseroan terus bersinergi dan berinovasi dalam memberikan solusi digital terbaik salah satunya dengan menghadirkan IndiBiz.
“Segmen yang akan tumbuh lebih besar itu B2B tapi memang cara jualan kita harus berbeda. Beda dengan ke costumer dan retail, ini yang kita harapkan segmen B2B akan menjadi sumber pertumbuhan Telkom yang berikutnya,” ujar Ririek pada Press Conference Digiland 2023, Kamis (6/7/2023).
Baca Juga: Terus Lakukan Sinergi untuk Indonesia, Telkom Kembali Gelar Digiland 2023
Senada dengan Ririek, Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia, FM Venusiana R, mengungkapkan bila hal ini sejalan dengan rencana bisnis perusahaan di mana, Telkomsel akan fokus menjalankan Business to Consumer (B2C), dan Telkom akan fokus ke B2B.
“Kita akan masuk menggarap karena sebelumnya SME lebih kecil dari Enterprise dan Goverment. Kita masuk solusi ekositem dunia usaha. Sebelumnya kita sudah ada banyak solusi tapi kita masih fokus ke large dan goverment jadi pelaku sme tidak tahu produk kita,” ucapnya.
Baca Juga: Percepat Pemerataan Konektivitas Digital Indonesia, Telkom Resmi Integrasikan IndiHome ke Telkomsel
Venusiana menjelaskan bahwa Indibiz adalah ekosistem solusi digital dunia usaha Indonesia untuk membawa UKM Go Global melalui 4 pilar yaitu Solusi platform dan layanan digital, Kolaborasi dengan start up dan para developer yang fokus untuk solusi kemajuan UKM, Kolaborasi solusi pembiayaan dengan lembaga keuangan, serta Kolaborasi bersama komunitas dunia usaha untuk meningkatkan produktivitas UKM.
“Telkom berkomitmen untuk menyediakan ekosistem solusi digital bagi tumbuh berkembangnya UKM di Indonesia. Melalui Indibiz, Telkom berupaya menciptakan semakin banyak UKM yang Go Global,” terang Venusiana.
Menurut Venusiana, untuk tahap awal perseroan menargetkan para pelaku usaha mengenal solusi yang disediakan oleh Telkom dalam platform IndiBiz. Pasalnya, pada segmen SME, Telkom memiliki 15 produk mulai dari UmeetMe, Agree, BPR Satu, Digi Clinic, Digi Hotel, Digi Toc, Lab Fo, Pijar Sekolah, Smart Water Meter, Antares, Sakoo, QRen, Bonum, PaDi UMKM, hingga Digi ERP.
“Saat ini sudah 400 ribu UKM, kita akan garap lagi agar digitalisasi tumbuh produktif. Target jangka pendek kita ingin pelaku usaha mengenal dulu kalau kami masu dengan B2B ini. Karena, saat ini sudah banyak solusi digital yang kita miliki,” jelasnya.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Annisa Nurfitri
Editor: Annisa Nurfitri
Advertisement