Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Perusahaan Teknologi Punya Peran Besar dalam Dukung UMKM Indonesia Go Regional

Perusahaan Teknologi Punya Peran Besar dalam Dukung UMKM Indonesia Go Regional Ilustrasi: Wafiyyah Amalyris K
Warta Ekonomi, Jakarta -

Akselerasi transformasi digital dalam bisnis telah menghilangkan hambatan fisik dan geografis dalam berniaga. Tidak bisa dimungkiri bahwa perusahaan-perusahaan teknologi memiliki peran yang signifikan dalam membantu Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Indonesia untuk dapat bersaing di pasar regional.

Febyola Veneta, Head of Operation Partnership & Business Development Akulaku, mengatakan  bahwa perusahaan teknologi dapat membantu UMKM go regional dengan cara mendukung penyediaan logistik, sumber daya manusia, dan sistem.

“Sebenarnya kalau dari sisi platform, kita bisa membantu UMKM Indonesia go regional dengan cara support logistik dan juga support SDM maupun sistemnya,” ujarnya dalam diskusi virtual Siap Go Regional: Meningkatkan Daya Saing UMKM E-Commerce dan Fintech Indonesia yang diadakan Center of Indonesian Policy Studies (CIPS), Jumat (14/7/2023).

Baca Juga: Riset AFPI dan EY: UMKM Butuh Pembiayaan hingga Rp4.300 Triliun pada 2026

Ia menambahkan, perusahan teknologi dapat membantu UMKM dalam penyediaan logistik yang lebih memadai. Selain itu, penyediaan logistik harus terafiliasi dan terintegrasi, sehingga UMKM dapat dengan mudah mengaksesnya.

“Kalau misalnya dari sisi logistik itu bagaimana platform dapat menyediakan supply chain yang memadai, dimulai dari storage, dimulai dari sistem warehouse, yang terafiliasi dan terintegrasi, sehingga dapat diakses oleh setiap UMKM,” katanya.

Ia melanjutkan, dalam pembuatan warehouse, perusahaan teknologi juga harus mempertimbangkan jarak antara warehouse dan rumah produksi. Pasalnya, faktor tersebut dapat menjadi salah satu penentu biaya penjualan. Jika biaya penjualan dapat ditekan, produk-produk UMKM tersebut akan lebih mudah bersaing di pasar regional.

“Lalu berikutnya adalah mengenai kedekatan jarak si UMKM ini untuk mengantar produknya ke warehouse terdekat yang disediakan oleh platform. Karena yang kita tahu, dari sisi logistik itu kalau misalnya ada biaya tambahan, tentu saja akan memengaruhi biaya dari si produknya. Makanya tugas dari platform ini adalah bagaimana kita bisa membuat logistik yang terintegrasi, sehingga kita bisa menekan biaya penjualan,” bebernya.

Febyola juga mengatakan bahwa perusahaan teknologi dapat menyediakan sumber daya manusia (SDM) agar membuat sebuah sistem atau mekanisme yang dapat memberikan kemudahan bagi pelaku UMKM untuk dapat memasarkan produknya ke luar negeri. Misalnya menyediakan sistem customer service yang membantu pelaku UMKM berkomunikasi dengan para pelanggan luar negeri dan membantu pengelolaan produk UMKM.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Ni Ketut Cahya Deta Saraswati
Editor: Rosmayanti

Advertisement

Bagikan Artikel: