Vice President Digital Enchancement & Technology PT Pertamina Patra Niaga, Sylvia Grace Yuvenna mengatakan, digitalisasi yang gencar dilaksanakan dalam beberapa tahun terakhir menjadi salah satu alasan perusahaan untuk dapat memberikan pelayanan terbaik ke masyarakat melalui aplikasi MyPertamina.
Upaya yang dilakukan perseroan dalam mengembangkan MyPertamina pada awalnya ditujukan untuk dapat mengenal pelanggan lebih jauh, sampai pada saat ini berkembang menjadi sarana komunikasi dengan konsumen, dan kemudian berkembang lebih jauh sebagai digital channel.
Menurutnya, selain sebagai sarana untuk mendekatkan diri dengan konsumen, MyPertamina juga digunakan sebagai alat transaksi cashless dengan menghadirkan berbagai metode pembayaran yang langsung disambungkan dengan aplikasi.
Baca Juga: Bos Pertamina: Butuh Kolaborasi Global untuk Hadapi Trilema Energi
Tujuannya adalah memberikan cara yang praktis kepada konsumen Pertamina dalam melakukan pembelian bahan bakar di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU).
Sylvia membeberkan apa saja yang bisa dilakukan pelanggan dalam aplikasi MyPertamina, yang salah satu fitur utamanya adalah pembayaran secara digital atau cashless payment.
Saat ini MyPertamina sudah terintegrasi dengan beberapa dompet digital, seperti LinkAja, OVO, GoPay, dan juga bisa langsung melalui debit.
"Dengan cashless payment, konsumen tidak perlu lagi menyiapkan uang cash ataupun memikirkan uang kembalian. Dengan membayar melalui aplikasi MyPertamina, selain cepat, tidak ribet, juga bisa mendapatkan benefit lebih berupa poin yang dapat ditukarkan dengan berbagai hal ataupun activation yang kami lakukan,” ujar Sylvia dalam acara IFLC, Jumat (25/7/2023).
Sejalan dengan tren energi saat ini terkait kendaraan listrik, aplikasi MyPertamina saat ini sudah dilengkapi dengan fasilitas untuk mencari dan melakukan pengisian mobil listrik (fasilitas electric vehicle charging).
"Sudah ada (pengisian EV), juga fasilitas untuk pemesanan dan pengantaran LPG ke rumah. Poin yang diperoleh konsumen dari transaksi cashless, bisa dikumpulkan dan ditukarkan dengan berbagai voucher partner ataupun merchandise yang menarik. Aplikasi ini masih kami kembangkan terus untuk bisa lebih mendapatkan apa yang dibutuhkan masyarakat. Pada akhirnya kami ingin agar MyPertamina ini menjadi interface kami ataupun channel komunikasi kami yang utama dengan masyarakat," ucapnya.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Djati Waluyo
Editor: Rosmayanti
Tag Terkait:
Advertisement