Dalam rangka kampanye Gerakan Nasional Literasi Digital di Indonesia, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama dengan Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi menyelenggarakan webinar Literasi Digital #MakinCakapDigital 2023 untuk segmen komunitas di wilayah Kabupaten Parimo, Sulawesi Tengah dengan tema Kiat Promosikan Komunitas di Media Sosial pada Sabtu (29/7/2023).
Kali ini hadir pembicara-pembicara program kegiatan Literasi Digital #MakinCakapDigital di tahun 2023 yang ahli di bidangnya untuk berbagi terkait budaya digital, antara lain Dosen STAI Al Muhajirin Purwakarta, Dian Ikha; Dosen Pascasarjana UMJ, Dirgantara Wicaksono; serta Professional Public Speaker, Chika Audhika.
Survei dari We Are Social dan HootSuit di awal 2023 menunjukkan pengguna internet di Indonesia saja sudah mencapai 214 juta atau hampir 80 persen dari total penduduk. Sementara menurut data BPS pada 2018 dari tiga subindeks, Indeks Pembangunan Teknologi Informasi dan Komunikasi (IP-TIK) Indonesia, subindeks keahlian dengan skor paling rendah menurut data yang dirilis 2019.
Baca Juga: Kiat Menjaga Data Diri Saat Transaksi Online
Kemampuan literasi digital karena masifnya jumlah pengguna internet di Indonesia. Internet bisa digunakan untuk hal-hal positif, salah satunya melalui media sosial yang telah berkembang sebagai sarana promosi.
"Media sosial juga memudahkan penggunanya dalam membagikan informasi, menjangkau lebih banyak orang dalam kurun waktu yang cepat," ujar Dosen Pascasarjana UMJ, Dirgantara Wicaksono saat menjadi narasumber kegiatan literasi digital #makincakapdigital 2023 untuk segmen komunitas di wilayah Kabupaten Parimo, Sulawesi Tengah, Sabtu (29/7/2023).
Ia melanjutkan, berbagai fitur yang disediakan platform media sosial bisa membantu komunitas mengembangkan kegiatannya. Layanan live streaming salah satunya, bisa dipakai untuk menyampaikan pesan saat komunitas melakukan aksinya, lalu video reels yang ada di Instagram juga bisa menginformasikan anggota baru agar tertarik bergabung.
Selanjutnya komunitas juga bisa membuat video konten dan secara rutin mengunggah konten untuk memperoleh kedekatan dengan audiens. Lewat media sosial, sebuah komunitas juga bisa mengajak influencer untuk berkolaborasi yang jadi trik cepat meraup jumlah penonton baru.
Selain itu, sebenarnya ada beberapa trik lain supaya konten yang dibuat bisa berhasil tepat sasaran, yakni menyesuaikan isi konten dengan target audiens dan membuat konsepnya terlebih dulu. Konten yang dibuat pun harus original, dengan konsisten melakukannya serta mengevaluasi hasilnya.
Informasi lebih lanjut mengenai literasi digital dan info kegiatan dapat diakses melalui website literasidigital.id atau event.literasidigital.id, atau akun Instagram @literasidigitalkominfo, Facebook Literasi Digital Kominfo dan Youtube Literasi Digital Kominfo.
Baca Juga: Publisher Rights, Apakah Ciptakan Keadilan di Industri Media? Ini Kata Kemenkominfo
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Rosmayanti
Advertisement