Google dan YouTube Akan Berikan Lebih dari Rp2 Miliar Bantu Akselerasi Digital UKM
Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop-UKM) bersama Google dan YouTube merayakan Hari UMKM Nasional kemarin (12/8/2023) di Istana Mangkunegaran, tempat Google dan YouTube mengumumkan akan memberikan lebih dari Rp2 miliar kepada Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang memenuhi syarat dari seluruh Indonesia untuk beragam alat pemasaran digital.
Google dan YouTube juga mengumumkan kemitraan baru dengan Kemenkop-UKM serta SMESCO untuk mengadakan lokakarya pelatihan UKM dan kampanye sosial yang disebut #FlexingLokal #BarengGoogledanYouTube sebagai bagian dari serangkaian kegiatan dari Kemenkop-UKM untuk menggalakan tema tahun ini, yaitu Transformasi UMKM untuk Masa Depan.
Menkop-UKM Teten Masduki memberikan apresiasi kepada Google dan YouTube atas kolaborasinya dalam mendukung program pemerintah untuk mempersiapkan UMKM masuk ke dalam ekosistem digital.
Baca Juga: Dagangan Gandeng Kemenkop-UKM dan Investree Bantu Modal Usaha Mikro di Pedesaan
"Saya sangat mengapresiasi bagaimana YouTube dan Google mendukung transformasi digital UMKM di tanah air, salah satunya melalui pelatihan maupun dukungan untuk membantu mengembangkan usaha mereka di online, yang diumumkan hari ini. Saya berharap hal ini mampu mengakselerasi pencapaian target pemerintah 30 juta UMKM masuk ke dalam ekosistem digital, di mana saat ini lebih dari 22 juta UMKM telah on-boarding,” kata Teten dalam keterangan tertulisnya, Minggu (13/8/2023).
Untuk menerima bantuan ini, SMESCO akan memilih pemilik usaha yang dapat mengikuti lokakarya pelatihan UKM. Pelatihan akan berlangsung hingga akhir tahun dimana peserta akan belajar mengenai pemasaran digital dan bagaimana membuat aset digital untuk membantu mereka dalam mengembangkan usahanya.
“Sesuai dengan visi pemerintah 2045 untuk membangun ekonomi berkelanjutan, Google telah melatih pemilik usaha kecil selama bertahun-tahun melalui program-program seperti Gapura Digital, Women Will, dan berbagai kemitraan dengan pemerintah,” jelas Randy Jusuf, Managing Director Google Indonesia.
“Sejak 2017, Google telah melatih lebih dari dua juta pemilik usaha di seluruh negeri. Selaras dengan pemerintah, kami berkomitmen untuk memberikan akses ke peluang yang sama dan berharap dukungan ini akan membantu lebih banyak usaha mengembangkan usaha mereka di online dan menemukan pelanggan baru,” imbuhnya.
Dalam inisiatif terbaru untuk meningkatkan keterampilan pendorong ekonomi kreatif ini, kemitraan dengan SMESCO akan berfokus pada empat industri; pariwisata, gaya hidup (F&B dan fesyen), media dan entertainment, juga dengan pengembang game dan aplikasi.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Rosmayanti
Tag Terkait:
Advertisement