Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Opung Luhut Bawa Kabar Baik: Tesla Bakal Investasi Baterai Lithium di Indonesia

Opung Luhut Bawa Kabar Baik: Tesla Bakal Investasi Baterai Lithium di Indonesia Kredit Foto: Ayu Rachmaningtyas Tuti Dewanto
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan membawa kabar baik usai menemui Elon Musk di San Fransisco, Amerika Serikat (AS) beberapa waktu lalu.

Luhut memastikan bos Tesla itu dikabarkan bakal berinvestasi pada baterai lithium di Indonesia. Bahkan Musk ingin langsung membuat agreement atau persetujuan terkait investasi tersebut.

"Dia (Musk) sudah berbicara berkali-kali dengan timnya. Timnya sudah sepakat tidak membuat MoU (Memorandum of Understanding), langsung pada agreement untuk mereka investasi di sini (Indonesia)," bebernya melalui akun Instagram pribadinya, yang dikutip Selasa (15/8/2023).

Baca Juga: Luhut Buka-bukaan Alasan Tesla Belum Juga Tanam Investasi di Indonesia

Menurut Luhut, nilai investasi yang akan dikeluarkan Tesla di Indonesia terbilang besar. Meski begitu, ia tidak membocorkan rincian angka investasi Tesla. Luhut hanya mengatakan untuk menunggu kedatangan Musk ke Indonesia pada tahun ini.

"Investasinya saya kira cukup besar, juga nanti kita tunggu saja waktu Elon datang kemari. Ya kira-kira antara September akhir atau Oktober tahun ini," tandasnya.

Sebagaimana diketahui, Indonesia sendiri sudah lama merayu Tesla untuk menanamkan investasi, khususnya dalam bisnis mobil listrik, di Tanah Air sejak tiga tahun lalu. Presiden Jokowi berniat memanfaatkan cadangan bijih nikel Indonesia untuk baterai kendaraan listrik.

Untuk menarik investasi Tesla masuk ke Indonesia, Jokowi bahkan sudah dua kali berbicara secara langsung dengan Elon Musk. Pertama, melalui sambungan telepon pada Desember 2020 lalu. Selanjutnya pada 14 Februari 2022, Jokowi bertandang langsung ke markas SpaceX di Boca Cica, AS untuk bertemu dengan Musk. Jokowi bahkan sampai menawarkan konsesi nikel kepada Tesla jika mereka mau berinvestasi di Indonesia.

"Saya bilang ke dia kalau bapak (Musk) investasi di Indonesia, saya kasih konsesi nikel. Kalau mereka mau, mulai dari baterai electric vehicle (EV), tidak apa-apa," ujar Jokowi soal investasi Tesla di Indonesia.

Baca Juga: Menkes Budi Temui Elon Musk, Jajaki Kerja Sama Bangun Internet di Puskesmas Terpencil

Baca Juga: Kominfo Ajak Masyarakat Waspadai Jeratan Investasi dan Pinjol Ilegal, Begini Ciri-cirinya

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Rosmayanti
Editor: Rosmayanti

Advertisement

Bagikan Artikel: