Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

PLN Perkuat Sistem Kelistrikan Jawa Tengah Lewat SUTT 150 kV Kesugihan-Gombong

PLN Perkuat Sistem Kelistrikan Jawa Tengah Lewat SUTT 150 kV Kesugihan-Gombong Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Bandung -

PT PLN (Persero) terus melakukan penguatan sistem kelistrikan termasuk kepada sistem yang sudah beroperasi. Terbaru, PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Tengah (PLN UIP JBT) berhasil menyelesaikan pekerjaan rekonduktoring atau penggantian kabel Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kilo Volt (kV) Kesugihan-Gombong. 

General Manager PLN UIP JBT, Djarot Hutabri EBS, menjelaskan penggantian kabel ini akan berdampak pada kenaikan kapasitas arus yang semula 600 ampere dan mampu membawa daya sebesar 124 mega watt (MW) menjadi 1200 ampere sehingga mampu membawa daya hingga 249 MW. Menurutnya, dampak dari peningkatan kapasitas tersebut akan semakin memperkuat sistem kelistrikan daerah yang disuplai.

“Melalui penggantian kabel ini akan memberikan peningkatan keandalan sistem kelistrikan, khususnya di Jawa Tengah ini. Rekonduktoring ini pun menjadi langkah kami dalam mempersiapkan diri saat nanti terjadi pertumbuhan beban kelistrikan,” kata Djarot kepada wartawan di Bandung, Jumat (1/9/2023).

Baca Juga: Terus Kembangkan Ekosistem EV di Jabodetabek, PLN Gandeng Pemprov DKI dan Astra

Proses energize ini dilaksanakan setelah seluruh rangkaian tahapan test and commisioning berhasil dilalui dan ditandai dengan terbitnya Rekomendasi Laik Bertegangan (RLB) dari PLN Pusat Sertifikasi (Pusertif).

PLN menganggarkan Rp121 miliar untuk melaksanakan pekerjaan rekonduktoring SUTT 150 kV Kesugihan–Gombong. Jalur transmisi kelistrikan ini terdiri dari 101 tower yang membentang sepanjang 89,24 kilometer sirkit (kms) mulai dari Kecamatan Gombong, Kabupaten Kebumen, hingga Kecamatan Kesugihan, Kabupaten Cilacap. Proyek ini juga mampu menyerap 157 tenaga lokal  dengan tingkat TKDN mencapai 87,69%. 

Djarot menambahkan jalur transmisi SUTT 150 kV Kesugihan-Gombong memasok daya di kawasan Rawalo, Purbalingga, Mrica, Wonosobo, Wadaslintang, Purworejo, Kebumen, Gombong dan Kesugihan. Penguatan sistem kelistrikan ini menjadi wujud dari komitmen PLN untuk mengutamakan kebutuhan serta kepuasan pelanggan.

Baca Juga: Ajak Pemuda Bangun Bangsa, PLN EPI Dorong Insinyur Muda Kembangkan Sistem Kelistrikan Indonesia

“Jalur transmisi ini juga akan meningkatkan keandalan sistem kelistrikan hingga Kabupaten Wates, Yogyakarta di mana terdapat Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA). Untuk saat ini, satu line sudah berhasil diselesaikan, line ke-2 berikutnya kami targetkan dapat selesai di bulan November depan,“ pungkasnya.

Baca Juga: Kominfo Ajak Masyarakat Waspadai Jeratan Investasi dan Pinjol Ilegal, Begini Ciri-cirinya

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Rahmat Saepulloh
Editor: Yohanna Valerie Immanuella

Advertisement

Bagikan Artikel: