Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

54 Tahun ELNUSA, Menuju Keunggulan Bisnis Jasa Energi yang Gemilang

54 Tahun ELNUSA, Menuju Keunggulan Bisnis Jasa Energi yang Gemilang Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Elnusa Tbk anak usaha PT Pertamina Hulu Energi (PHE) yang tergabung dalam Subholding Upstream Pertamina, pada 9 September 2023 berusia 54 tahun. Perjalanan Elnusa dimulai pada tahun 1969, saat PT Electronika Nusantara berdiri dan memasuki bidang Marine Electronic Services. Elnusa memiliki DNA Resilience dan Inovasi yang terbukti mampu memperkuat fundamental bisnis membawa inovasi dan memiliki visi sebagai Perusahaan Jasa Energi Terkemuka yang Memberikan Solusi Total. 

Direktur Utama Elnusa, John Hisar Simamora mengatakan, menghadapi tantangan yang akan datang, Elnusa terus bergerak maju mengembangkan teknologi tepat guna seperti Hydraulic Workover Unit (HWU) Drilling, High Inhibitive Water Base Mud (HIWBM), dan Cement Slurry Merah Putih. Segudang inovasi yang dihasilkan menunjukkan dedikasi Elnusa dalam memberikan solusi terbaik dalam jasa energi. 

Elnusa juga melakukan inovasi bersama PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM) untuk melakukan penghematan biaya operasional seperti modifikasi HWU agar bisa digunakan untuk drilling di lima sumur lapangan Tunu, penggunaan wireline combo yang bisa memangkas biaya mobilisasi, penggunaan cemen slurry merah putih yang menghasilkan bonding cement yang bagus dan penggunaan sand consolidation product dalam negeri. 

“Elnusa juga telah mengembangkan kompetensi dalam geoscience services, dari seismic darat hingga teknologi OBN Nodal pada seismic laut. Fasilitas liquid mud plant untuk pengeboran sumur migas non konvensional pertama di Indonesia juga menjadi pencapaian yang membanggakan,” ujar John, dalam keterangan media, Senin (11/9/2023).  

Melalui layanan solusi total jasanya, Elnusa terus mendukung pemerintah dalam peningkatan produksi migas seperti penerapan jasa Seismic Vibroseis di berbagai wilayah, termasuk menggunakan Vibroseis untuk Enhance Oil Recovery (EOR) di Wilayah Kerja Rokan bekerja sama dengan Research & Technology Innovation PT Pertamina (Persero) dan saat ini masih dalam uji coba penerapan teknologi. Pada lini bisnis Engineering, Procurement, Construction & Operation Maintenance (EPC-OM), Elnusa siap mendukung pekerjaan mulai dari front end engineering, engineering desain, pengadaan barang, konstruksi hingga project management, yang pada akhirnya berjalan sesuai target.

Tidak hanya itu, dari sisi hilir pada jasa distribusi & logistik, Elnusa berkomitmen untuk memastikan distribusi energi yang efisien dan handal di seluruh Indonesia mulai dari manajemen integrated TBBM, manajemen transportasi BBM, manajemen DEPO serta bisnis chemical. Atas pencapaian tersebut membawa Elnusa ke masa depan yang lebih unggul, dengan prestasi gemilang dan membuktikan dirinya sebagai kekuatan yang tak bisa diabaikan di sektor migas.

Untuk mendukung capaian tersebut, Elnusa terus bergeliat melakukan investasi belanja modal dengan menambah armada Mobil Tangki yang merupakan salah satu core bisnis pada jasa distribusi & logistik energi. Selain itu, untuk meningkatkan kapasitas bisnis hulu, Elnusa juga melakukan investasi dengan menambah Aset Accomodation Work Barge Offshore. Investasi tersebut sejalan dengan program Pemerintah Indonesia dalam menetapkan sasaran mempercepat realisasi target 1 Juta Barel Minyak dan 12 BSCFD Gas demi ketahanan energi nasional masa depan.

Pada periode 2022 hingga saat ini, Elnusa mendapatkan lebih dari 45 penghargaan dari berbagai kategori di tingkat nasional dan internasional. Atas deretan penghargaan tersebut, yang cukup bergengsi adalah penghargaan Dharma Karya Muda dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) untuk keberhasilan Elnusa pada Bussines Unit Cementing Services pada inovasi cement Slurry merah putih dalam mendukung pengeboran di sumur shallow gas Blok Mahakam yang dikelola Subholding Upstream Pertamina Regional 3 Zona 8 PT Pertamina Hulu Mahakam. Capaian tersebut merupakan berkat kerja keras serta sinergi dari seluruh Perwira Elnusa dalam melaksanakan pekerjaannya.

John menambahkan, Elnusa akan melangkah lebih jauh dengan ekspansi ke sektor non-migas services, energi baru terbarukan, dan turut serta dalam pengembangan ekosistem Electric Vehicle. Elnusa siap merespons masa depan yang berkelanjutan dengan menciptakan peluang-peluang baru tersebut. 

“Di ulang tahun yang ke-54 ini, Elnusa merayakan perjalanan menuju keunggulan. Dari langkah awal hingga pencapaian terkini, Elnusa terus mendukung ketahanan energi nasional. Bersama-sama, kita merayakan inspirasi, semangat, dan optimisme dalam menghadapi masa depan yang penuh potensi. Elnusa! New Journey For Excellence!” tutup John.

Baca Juga: Tim Pemenangan Daerah AMIN Bali Dideklarasikan, Target Gondol 1 Juta Suara

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Ferry Hidayat

Advertisement

Bagikan Artikel: