Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Menparekraf Ajak Peserta AKI 2023 Berkolaborasi Ciptakan Peluang

Menparekraf Ajak Peserta AKI 2023 Berkolaborasi Ciptakan Peluang Apresiasi Kreasi Indonesia merupakan program pengembangan ekonomi kreatif melalui peningkatan kapasitas dan pameran kepada para pelaku ekonomi kreatif pada subsektor kuliner, kriya, fesyen, aplikasi/games, film, dan musik, yang diselenggarakan di 16 Kota/Kabupaten di Indonesia. | Kredit Foto: Ayu Rachmaningtyas Tuti Dewanto
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menutup secara resmi kegiatan Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2023 dan berpesan kepada seluruh peserta untuk memperkuat kolaborasi dalam menghadirkan produk berkualitas juga menciptakan peluang usaha dan lapangan kerja bagi masyarakat.

"Selama ini kita asyik berkompetisi, kita lupa bahwa kolaborasi adalah jati diri bangsa kita dan bagi yang bisa melakukan kolaborasi maka akan mampu untuk menghasilkan prestasi," kata Menparekaf Sandiaga.

Apresiasi Kreasi Indonesia merupakan program pengembangan ekonomi kreatif melalui peningkatan kapasitas dan pameran kepada para pelaku ekonomi kreatif pada subsektor kuliner, kriya, fesyen, aplikasi/games, film, dan musik, yang diselenggarakan di 16 Kota/Kabupaten di Indonesia.

Baca Juga: Menparekraf Sandiaga Serahkan Bantuan DPUP ke Tiga Desa Wisata di Sumbar

Menparekraf Sandiaga mengatakan kolaborasi-kolaborasi tersebut telah ditekankan kepada para peserta selama pelaksanaan AKI 2023. Mulai dari bootcamp hingga pameran di masing-masing kota. Karenanya, Sandiaga mendorong agar kolaborasi ini dapat terus diperkuat. Tidak hanya bagi pelaku kreatif, tapi juga antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah serta swasta dan pihak-pihak terkait lainnya.

"Apresiasi Kreasi Indonesia telah melewati perjalanan selama enam bulan terakhir di 16 kabupaten/kota dari 6 pulau di Indonesia. Bisa kita lihat bagaimana produk-produk yang membanggakan telah menghiasi Apresiasi Kreasi Indonesia. Total 7.000 lebih pelaku ekraf sudah berpartisipasi, ada 428 jenama dan 28 yang terbaik sekarang berada di Senayan Park menunjukkan produk-produk Indonesia tidak kalah dan bukan 'kaleng-kaleng'," ujar Sandiaga.

Hal ini harus menjadi momentum guna mendorong UMKM 'naik kelas' serta sebagai upaya percepatan ekonomi lewat AKI.

"Kami melihat semua antusiasme untuk membawa sebuah kegiatan yang sangat memberdayakan ini dalam membuka peluang hadirnya konsumen-konsumen baru dari subsektor-subsektor baru," ujarnya.

Lampaui Target

Acara puncak AKI 2023 berlangsung selama tiga hari sejak 8-10 September 2023 dengan menghadirkan produk-produk UMKM ekonomi kreatif terpilih dari 16 kabupaten/kota pelaksanaan AKI 2023.

Dalam acara ini peserta dari program inkubasi dan desa kreatif juga dihadirkan Kemenparekraf/Baparekraf untuk mempromosikan produk-produk mereka.

Menparekraf Sandiaga mengapresiasi dukungan dari berbagai pihak terutama masyarakat karena penyelenggaraan puncak AKI 2023 telah melebihi target yang diproyeksikan. Nilai transaksi para UMKM telah mencapai Rp400 juta dan diperkirakan masih akan bertambah.

"Dan tiga peserta dari subsektor film mendapatkan kerja sama dengan platform OTT bioskop online Indonesia untuk karya filmnya," ujar Sandiaga.

Baca Juga: Sandiaga Uno Ajak Sineas Sulawesi Tumbuh Bersama Festival Film Bulanan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Ayu Rachmaningtyas Tuti Dewanto
Editor: Amry Nur Hidayat

Advertisement

Bagikan Artikel: