Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kinerja Kian Moncer Astra Group Siap Kuasai Pasar Pembiayaan Otomotif

Kinerja Kian Moncer Astra Group Siap Kuasai Pasar Pembiayaan Otomotif Kredit Foto: Mochamad Ali Topan
Warta Ekonomi, Surabaya -

PT Astra Sedaya Finance (ASF) salah satu perusahaan pembiayaan di grup Astra Credit Companies (ACC) wilayah Jawa Timur mencatat, semester I/2023 membukukan sektor pembiayaan secara nasional mampu meraih diangka Rp18,3 triliun. Semantara itu, untuk wilayah Jatim sebesar Rp2,6 triliun.

Regional Retail Business Head ACC Jatim, Eka Gunawa secara tegas mengatakan pertumbuhan nasional dan wilayah Jatim alami kenaikan sebasar 18 persen dibandingkan tahun sebelumnya di semester yang sama. Selain itu, kata Eka, pihaknya telah berhasil meraih pencapaian kinerja pembiayaan sebesar 13 persen atas unit yang dibiayai yaitu sebanyak 103.000 unit kendaraan secara nasional dan 16.145 unit kendaraan di Jatim.

“Secara nasional maupun Jatim, laba bersih ASF juga mengalami kenaikan dengan masing-masing sebesar 35 persen dan 18 persen di semester I/2023, dan masing-masing amount sebesar Rp917 miliar dan Rp117 miliar. Sementara total aset ASF juga mengalami peningkatan 15 persen secara nasional dan 8 persen di wilayah Jatim pada semester I/2023,” terang Eka di Surabaya hari ini.

 Baca Juga: Siap-Siap Kendaraan Seres E1 Rebut Pasar Mobil Listrik di Surabaya

Menurut Eka, pencapaian kinerja yang positif ini sejalan dengan pertumbuhan ekonomi Jatim sekaligus mulai bergairahnya pasar otomotif terutama kendaraan roda empat. Untuk itu, Eka optimistis sampai akhir tahun ACC dapat mencapai pertumbuhan kinerja sebesar 20 persen.

“Saya melihat di Jatim dan Bali ekonominya terus membaik. Contoh saja wilayah Bali, jumlah kunjungan wisatawan manca negara alami kenaikan. Begitu juga di Surabaya ini, kita bisa melihat dari kunjungan pergelaran GIIAS 2023 Surabaya yang ramai, ini menunjukan indikator pembelian otomotf kembali bergairah, konsumsi masyarakat naik,” beber Eka.

Selain ASF kinerja membaik juga dialami PT Toyota Astra Financial Services (TAF) yang merupakan gabungan dari PT Astra International dan Toyota Financial Services juga mencatat pertumbuhan laba bersih perusahaan semester I/2023 sebesar 40 persen menjadi Rp338 miliar secara nasional dan sebesar 50 persen menjadi Rp38,03 miliar di Jatim.

Sales Area Head TAF  Jatim, Nico Kwee mejelaskan, TAF berhasil membukukan pertumbuhan penyaluran pembiayaan (amount finance) secara nasional sebesar 37 persen (yoy) pada semester I/2023 menjadi Rp12,9 triliun dan di wilayah Jatim sebesar 24 persen menjadi Rp1,07 triliun.

“Pertumbuhan ini juga dapat dilihat dari sisi jumlah pemesanan (unit finance) pada semester I/2023 secara nasional 63.000 unit atau naik 36 persen (Yoy) dan mencapai 58.000 unit atau naik 24 persen di Jatim,” jelas Nico

Nico menambahkan pula, transaksi untuk roda empat yang dicatatkan Astra Financial melalui ACC dan TAF pada GIIAS Jakarta 2023 lalu meningkat sebesar 53 persen atau sebesar Rp2,361 triliun dari 6.253 SPK dibanding GIIAS Jakarta sebelumnya di 2022.

Hal senada juga diungkapkan Area Department Head FIFGROUP Jatim, Bahagianto,  untuk pembiayaan kendaraan roda dua oleh PT Federal International Finance (FIF) berhasil membukukan pertumbuhan nilai penyaluran pembiayaan (amount finance) sebesar 37,6 persen secara nasional dan 30,1 persen di Jatim pada semester I/2023 dengan pencapaian masing-masing menjadi Rp21,3 triliun dan Rp2,7 triliun.

Menurutnya pertumbuhan ini juga dapat dilihat dari sisi jumlah pemesanan (booking unit) di semester I/2023 yang secara nasional mencapai 1,6 juta unit dan di Jatim 193.300 unit dengan masing-masing kenaikan sebesar 25,5 persen dan 10,9 persen (Yoy).

“Transaksi untuk roda dua yang dilakukan oleh FIFGroup di GIIAS Jakarta 2023 berhasil mencatatkan Rp14,1 miliar atau naik 67,72 persen dibanding GIIAS Jakarta 2022, dengan jumlah unit pembiayaan sepeda motor juga mengalami peningkatan menjadi 567 unit dari sebelumnya 360 unit,” pungkas Bahagianto.

Baca Juga: Targetkan Produksi 500 Ribu Unit Motor Listrik Per Tahun, Tahun Depan United Bike Bakal Buka Pabrik Baru

Baca Juga: Konsisten dalam Pengembangan Energi Baru Terbarukan, Pertamina Group Ini Gaet Penghargaan IGA 2024

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Mochamad Ali Topan
Editor: Amry Nur Hidayat

Advertisement

Bagikan Artikel: