Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Tak Hanya Pertambangan, Ganjar Siap Hilirisasi Sektor Perkebunan dan Kelautan Jika Terpilih Jadi Presiden

Tak Hanya Pertambangan, Ganjar Siap Hilirisasi Sektor Perkebunan dan Kelautan Jika Terpilih Jadi Presiden Kredit Foto: Antara/Hendra Nurdiyansyah
Warta Ekonomi, Jakarta -

Bakal calon presiden, Ganjar Pranowo, telah mengungkapkan serangkaian strategi yang akan ia terapkan untuk mendorong kemajuan Indonesia jika terpilih sebagai presiden pada tahun 2024 mendatang. Salah satu poin utama dari visi Ganjar adalah memperkuat kebijakan hilirasi yang telah dicanangkan pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Ganjar menegaskan bahwa ia tidak akan membatasi hilirisasi hanya pada sektor pertambangan, melainkan juga akan memperluasnya ke sektor-sektor lain seperti perkebunan dan kelautan. Ia berkomitmen untuk melaksanakan hilirisasi ini sambil menyelesaikan program-program yang telah dicanangkan oleh pemerintahan Jokowi sebelumnya.

"Sawit aja selama ini baru CPO, kita belum bicara kosmetik, obat-obatan yang ada di sana, tapi itu butuh riset. 1% dari PDB saja, bisa dipakai untuk riset terbayangkan enggak dengan kekuatan yang ada, itu komitmen," tutur Ganjar.

Ganjar juga menyoroti potensi ekonomi kelautan dan pesisir yang luar biasa di Indonesia, dengan mencontohkan potensi rumput laut yang tersebar di pantai-pantai Indonesia. Dengan kedalaman hingga 15 meter, ini dapat dijadikan sebagai pusat pertumbuhan ekonomi yang strategis.

Selain itu, Ganjar memberikan penekanan pada penurunan Incremental Capital Output Ratio (ICOR) yang saat ini berada di kisaran 8,16%. ICOR yang tinggi merupakan salah satu pemicu biaya investasi yang mahal di Indonesia, yang menghambat pertumbuhan ekonomi. Ganjar menyatakan bahwa salah satu strategi untuk menurunkan angka ICOR adalah dengan tegas dan konsisten memerangi tindak pidana korupsi di berbagai sektor.

"Ini komitmen, yakin enggak kalau mau memberantas. Kalau hal seperti ini kita enggak serius yasudah, tuduhan oligarki, tuduhan nepotisme, tuduhan enggak serius menegakkan akan terjadi dan kita menjadi pura-pura, ICOR kita meledak karena enggak serius," tegasnya.

Ganjar juga membahas strategi terkait pengadaan calon aparatur sipil negara (ASN). Ia menekankan bahwa fokusnya akan difokuskan pada pengadaan tenaga guru, tenaga kesehatan, dan penyuluh pertanian. Menurut Ganjar, kebutuhan akan tenaga di sektor-sektor ini sangat penting bagi pemerintah.

"Saya minta kepada Pak Menteri PANRB, jika mau angkat PNS atau PPPK, itu satu guru, kedua nakes, ketiga penyuluh pertanian, saya minta tiga ini aja. Karena ini penting kita butuh banyak, kalau kualitas kesehatan kita rendah enggak bisa," ungkap Ganjar.

Dengan visi dan strategi yang ambisius ini, Ganjar Pranowo berharap dapat membawa Indonesia ke tingkat kemajuan yang lebih tinggi jika terpilih sebagai presiden pada tahun 2024 mendatang.

Baca Juga: SSMS Kembangkan Biogas dari Limbah Cair Sawit

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Ferry Hidayat

Advertisement

Bagikan Artikel: