Stripe Membantu Pelaku Bisnis Akselerasi Perdagangan Digital dan Mengotomatisasi Proses Keuangan
Dalam Stripe Tour Singapore, acara pertama Stripe di Asia Tenggara yang diperuntukkan bagi pengguna, Stripe memperkenalkan pembaruan produk untuk mendukung bisnis dari berbagai skala, memungkinkan para pelaku bisnis memenuhi lonjakan permintaan dari perdagangan digital, sekaligus menangkap peluang pertumbuhan di tingkat global.
Pada acara tersebut, Stripe memperkenalkan rangkaian produk dan layanannya secara lengkap untuk membantu meminimalisir selisih pembayaran serta mengurangi perbedaan nilai antara pembayaran online dan pembayaran secara langsung bagi bisnis. Selain menawarkan kemudahan pembayaran, Stripe juga menyediakan solusi bagi pemilik bisnis untuk memodernisasi perangkat keuangan mereka guna meningkatkan efsiensi dan produktivitas bisnis melalui otomatisasi.
Acara ini juga menghadirkan berbagai panel dengan pembicara dari berbagai perusahaan global yang juga merupakan pengguna Stripe. Di antaranya, Citi, Electrolux, dan Tiket.com, salah online travel marketplace terkemuka di Indonesia.
Para konsumen di Asia Tenggara menunjukkan antusiasme yang tinggi dalam mengadopsi perdagangan digital. Laporan terbaru Stripe tentang perdagangan digital global menunjukkan bahwa 84% konsumen Singapura terbuka untuk membeli produk fsik secara online dari perusahaan yang beroperasi di negara lain, dan 74% lainnya terbuka untuk membeli layanan digital – jauh di atas rata-rata global yang hanya 68%. Ekspektasi konsumen telah bergeser seiring dengan perkembangan ini, dan mereka kini mengharapkan pengalaman transaksi digital bebas hambatan di manapun, kapanpun, dan melalui perangkat apa saja.
Untuk merespons kebutuhan tersebut, Stripe Tour Singapore memperkenalkan layanan pembayaran terbarunya, yang memungkinkan pemilik bisnis untuk menawarkan pengalaman pembayaran yang mudah bagi pelanggan mereka tanpa harus membangun atau memelihara sistem pembayaran sendiri.
Penambahan ftur terbaru bagi layanan ini juga mencakup akses ke lebih dari 100 metode pembayaran dan perlengkapan A/B Testing yang memudahkan pemilik bisnis mengidentifkasi metode pembayaran terbaik dalam sistem checkout mereka.
Stripe juga mengumumkan beberapa peningkatan layanan produk untuk membantu menyatukan perdagangan online dan ofine, menyederhanakan proses serta memperluas aksesibilitasnya agar konsumen dapat melakukan pembayaran di manapun. Termasuk di antaranya, Stripe Reader S700, perangkat point-of-sale (POS) terbaru yang dapat disesuaikan untuk mempermudah pemilik bisnis dalam menerima pembayaran, mengumpulkan data pelanggan yang relevan seperti tanda tangan dan alamat email, dan memungkinkan pemilik bisnis melakukan penyesuaian pada perangkat.
Perangkat multifungsi ini dilengkapi dengan layar yang memiliki tampilan berkualitas tinggi dan daya tahan baterai yang lama. Perangkat ini akan segera hadir di 23 negara di mana Stripe Terminal tersedia, termasuk Singapura. Stripe Reader S700 adalah bukti terbaru dari komitmen Stripe untuk pembayaran secara langsung, setelah peluncuran Stripe Reader M2 pada 2021, Stripe Tap to Pay di iPhone pada 2022, dan Tap to Pay di Android pada 2023.
Stripe juga membagikan informasi terbaru mengenai solusi pembayaran cepat Link kepada para pelaku bisnis di Asia Tenggara. Link memberikan proses pembayaran yang cepat bagi para pelanggan dengan menyimpan detail pembayaran yang dapat digunakan di ratusan ribu bisnis yang menggunakan Stripe, dan membantu meningkatkan konversi bagi bisnis. Menurut data internal Stripe, bisnis yang beralih ke integrasi pembayaran terbaru Stripe–yakni Stripe Payment Element–mengalami peningkatan pendapatan rata-rata sebesar 10,5% dibandingkan dengan bisnis yang tidak menggunakan layanan pembayaran tersebut.
"Bagi kami, solusi terbaru ini hadir di saat yang tepat. Stripe membantu kami dalam menciptakan pengalaman transaksi efsien yang mendukung pemesanan, pembayaran, dan penyelesaian transaksi secara omnichannel untuk memberikan apa yang pelanggan kami cari–dengan biaya yang lebih rendah. Seiring dengan rencana kami untuk melakukan ekspansi ke lebih banyak negara di Asia, kami juga berencana untuk berkembang bersama Stripe," ujar Jude Kumar, pendiri dan CEO EatMe Global, dalam keterangan media, Senin (2/10/2023).
Terlepas dari iklim ekonomi yang penuh dengan tantangan, studi terbaru dari Stripe menemukan bahwa para pelaku bisnis di Asia Tenggara optimistis mengenai prospek ekspansi internasional mereka. Sebanyak 84% bisnis di Singapura berharap untuk dapat melakukan ekspansi ke negara-negara baru dalam jangka waktu 24 bulan ke depan. Meski demikian, seiring dengan meningkatnya skala operasi internasional mereka, ada beberapa tantangan signifkan yang harus diatasi.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Ferry Hidayat
Tag Terkait:
Advertisement