Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Floratama Academy Kembali Hadirkan Top 3 Pengusaha Baru Parekraf

Floratama Academy Kembali Hadirkan Top 3 Pengusaha Baru Parekraf Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) kembali menyelenggarakan Program Floratama Academy Tahun 2023. Program ini merupakan rangkaian program inkubasi yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pengusaha yang mencakup 13 bidang pariwisata dan 17 bidang ekonomi kreatif di Floratama (Flores, Alor, Lembata dan Bima) yang berbasis people (masyarakat), planet (lingkungan), dan prosperity (kesejahteraan). Setelah melalui beberapa tahapan, kelas, dan pemberian materi bisnis selama kurang lebih 5 bulan, para peserta yang terkurasi sebanyak 20 peserta telah sampai pada tahap Bootcamp Floratama Academy yang diadakan di Luwansa Hotel, pada 25 - 26 September lalu.

Sekilas Tentang FA 2023

Program Floratama Academy tahun ini merupakan lanjutan untuk mencapai  target  pengembangan bisnis (Unit Usaha) sebagai upaya mendorong unit usaha pariwisata dan ekonomi kreatif di wilayah Floratama dan sekitarnya dengan pendekatan kebudayaan lokal dan pemanfaatan sumber daya yang berkelanjutan. Tahun ini ada tiga (3) kategori dalam pembagian kelas FA yakni : Seed bagi kelompok unit usaha baru, Growth untuk kelompok unit usaha yang berkembang minimal selama 2 tahun, dan Community Based untuk  kelompok unit usaha berbasis masyarakat termasuk Desa Wisata dan Homestay. 

Selanjutnya, Top 20 Floratama Academy yang didapatkan dari 3 kelas yaitu, Seed Group, Growth Group serta Community Based Tourism (CBT) group adalah 20 pelaku usaha yang terpilih setelah melewati tahapan Workshop, Mentoring dan  bootcamp. Top 20 Bootcamp Floratama Academy ini memiliki tujuan memberikan wawasan dan pengetahuan mengenai usaha pariwisata dan ekonomi kreatif yang berdampak baik terhadap ekonomi, sosial, dan lingkungan. Membantu pembuatan business model canvas yang berkelanjutan, meningkatkan pemasaran dan promosi produk, memberikan akses bagi perintis usaha pariwisata dan ekonomi kreatif di wilayah Floratama dan sekitarnya.

Top 3 Floratama Academy 2023

20 Peserta yang telah lolos kurasi dam masuk tahap bootcamp FA kemudian dinilai dan dievaluasi sehingga menghasilkan Top 3 Program Floratama academy tahun 2023. Pengumuman Top 3 ini diadakan saat Gala Dinner FA yang diadakan pada Selasa (26/09/2023) lalu di Luwansa Hotel.

Dalam sambutannya pada kegiatan tersebut, Direktur Utama BPOLBF, Shana Fatina mengampaikan bahwa produk ekraf yang dihasilkan para peserta pada hakikatnya tidak terpisahkan dari pariwisata itu sendiri. Menurutnya, sebagai sebuah program yang diinisiasi dengan visi mengembangkan usaha di bidang parekraf ini, perlu partisipasi aktif dari masyarakat Labuan Bajo Flores, tidak hanya sebagai pekerja tapi sebagai pelaku utama dalam hal ini kewirausahaan.

“Di tahun pertama kita gabung semuanya untuk menjaring banyaknya antusiasme masyarakat yang tertarik untuk menjadi pengusaha disektor parekraf, kemudian tahun kedua kita mulai membagi ruang ada yang kelas Seed, Growth dan Community Based, dan tahun ketiga pun kita melakukan yang sama. Satu hal yang kami lihat disini adalah Labuan Bajo Flores ini memiliki antusiasme Masyarakat yang luar biasa dan Ketika deberikan ruang mereka siap untuk mengambil peran dan siap berpartisipasi.” demikian disampaikan Shana.

Shana juga melanjutkan Floratama Academy bisa dijadikan komunitas untuk bisa saling mengenal satu sama lain, para pelaku usaha pariwisata juga bisa saling belajar tentang apa yang dibutuhkan di pasar, dan bagaiamana pasar membangun tren baru untuk diperkenalkan kepada wisatawan. Ia juga melanjutkan tahun depan akan dibuatkan format yang berbeda dengan model festival dengan melibatkan seluruh alumni 448 pelaku umkm.

“Jadi kita kan coba upgrading yang sudah masuk dalam jejaring Floratama Academy ini untuk kita  bisa tumbuh naik 1 level lagi, sehingga teman – teman 448 pelaku UMKM bisa tubuh besar dan mengisi ruang – ruang kreatif yang ada di Labuan Bajo. Mari kita sama – sama membentuk sebuah suplai atau rante pasok  dari ujung ke ujung sehingga memastikan produk Labuan Bajo Flores ini berkualitas, berdaya saing bisa dinikmati oleh wisatawan tentunya  menjadi duta wisata kita bukan hanya di Indonesia tapi juga di luar negeri” lanjut Shana Fatina.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Ferry Hidayat

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: