Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Sri Mulyani: Pejabat Uni Eropa Akui Ekonomi Indonesia Terbesar & Terbaik di Asia Tenggara

Sri Mulyani: Pejabat Uni Eropa Akui Ekonomi Indonesia Terbesar & Terbaik di Asia Tenggara Kredit Foto: Alfida Rizky Febrianna
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati bertemu dengan Komisaris Ekonomi Eropa (Commisioner for the Economy dari European Commision) Paolo Gentiloni di Marrakesh, Maroko, Sabtu (14/10/2023).

Dalam kesempatan itu, Sri Mulyani mengatakan, Paolo mengakui perekonomian Indonesia jauh lebih besar dan lebih baik dibandingkan dengan negara-negara lain di Asia Tenggara seperti Malaysia atau Vietnam.

Baca Juga: Tensi Geopolitik Meningkat, Sri Mulyani Beberkan Indonesia Justru Punya Posisi Startegis

Padahal, keadaan ekonomi global menghadapi banyak tekanan sehingga cenderung mengalami perlambatan. 

"Pengakuan ini disampaikan oleh Paolo Gentiloni saat kami bertemu bilateral di sela kunjungan kerja saya di Marrakesh. Sebagai pengelola keuangan negara, saya tentu senang dengan pengakuan ini," ujarnya, dikutip Senin (16/10/2023).

Sri Mulyani menilai, dengan keadaan ekonomi Indonesia yang sangat baik ini, menjadi peluang para investor untuk datang ke Indonesia. 

"Saya dan Paolo berdiskusi banyak tentang hal ini. Indonesia membuka peluang kerja sama ekonomi dengan banyak mitra strategis. Seperti potensi investasi hilirisasi SDA yang tengah diminati yakni nikel untuk baterai kendaraan listrik dan minyak sawit mentah untuk biofuel," paparnya.

Kemudian, Sri Mulyani dan Paolo juga berdiskusi mengenai Carbon Border Adjustment Mechanism (CBAM) yang akan diberlakukan di Uni Eropa. 

"Banyak yang perlu dipelajari Indonesia untuk memitigasi pengaruh yang akan dihadapi dengan adanya pemberlakuan kebijakan tersebut. Kita harap langkah yang diambil akan sama-sama menguntungkan untuk kedua negara," pungkasnya.

Baca Juga: Sri Mulyani: Seluruh Negara Anggota OECD Dukung Penuh Proses Aksesi Indonesia

Terakhir, Sri Mulyani berharap, pertemuan bilateral ini dapat semakin memperkuat kerja sama ekonomi antara Indonesia dan Uni Eropa.

Baca Juga: TKD Prabowo-Gibran Kalem meski Unggul di Bali, De Gadjah: Biar Ngga Ada Ricuh

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Alfida Rizky Febrianna
Editor: Aldi Ginastiar

Advertisement

Bagikan Artikel: