Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ribuan Karyawan PertamaBank Turun Tangan Tingkatkan Edukasi Literasi Keuangan dan Kecerdasan Finansial

Ribuan Karyawan PertamaBank Turun Tangan Tingkatkan Edukasi Literasi Keuangan dan Kecerdasan Finansial Kredit Foto: PermataBank
Warta Ekonomi, Jakarta -

Ribuan karyawan PermataBank atau Employee Volunteers (EVO) turun ke sekolah-sekolah untuk meningkatkan literasi keuangan masyarakat yang menjadi salah satu fokus utama PermataBank tentang pentingnya pengetahuan terkait uang dan bank sejak dini.

Melalui program CERITA (Cinta dan Edukasi daRI kiTA), program ini dibuat juga dalam menyambut Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2023 OJK dan OJK mengangkat tema “Akses Keuangan Merata, Masyarakat Sejahtera” dan juga sebagai kontribusi dalam Program Ayo Menabung yang dicanangkan oleh Bank Indonesia.

CERITA menjadi salah satu program PermataHati, unit CSR di PermataBank, yang diadakan setiap tahun dalam bentuk edukasi literasi keuangan kepada generasi muda, dengan 3 pilar utama PermataHati CSR yaitu; Education, Empowerment, dan Enhancement.

Baca Juga: AirAsia Gandeng PermataBank dalam Gelaran AirAsia Travel Fair 2023

Selain bertepatan dengan hari jadi PermataBank yang ke-21, CERITA dilaksanakan di 21 kota strategis yang tersebar di 9 daerah operasional PermataBank, dan diikuti oleh siswa/i sekolah tingkat TK/SD/SMP/SMA/SLB. 

Kegiatan ini dilakukan secara serentak pada tanggal 19 Oktober 2023 dan didukung oleh perwakilan Otoritas Jasa Keuangan, Bank Indonesia, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, dan yang diwakili Dinas Pendidikan Pemerintah Daerah. 

Dayan Sadikin, Direktur PermataBank mengatakan PermataBank percaya bahwa edukasi keuangan dan kecerdasan finansial adalah bekal yang sangat penting untuk membangun generasi muda Indonesia yang cerdas, serta memiliki kemampuan memahami dan menerapkan keterampilan manajemen keuangan secara merata hingga di pelosok Indonesia. 

"Kegiatan tahun ini, kami kembali menurunkan total sekitar 1.000 Employee Volunteers (EVO) sebagai penggerak di masing-masing kota untuk memberikan edukasi literasi keuangan bagi generasi muda,” ucapnya di Jakarta, Kamis (19/10/2023).

Ia melanjutkan bahwa acara pendidikan literasi keuangan ini sejalan dengan program pemerintah yang secara konsisten diadakan setiap tahun.

"Memang literasi keuangan dicanangkan pemerintah sebagai program pengenalan literasi keuangan yang dilakukan sejak dini, jadi itu program pemerintah dan kita sebagai bank swasta ikut berpartisipasi dan ambil peran."

Dayan menyebut bahwa banyaknya anak muda yang terjebak utang merupakan salah satu bentuk kesalahan dalam pengelolaan keuangan.

"Sehingga hal seperti ini saya pikir akan sangat penting dilakukan secara konsisten sejak dini dan kemudian dilakukan secara berkelanjutan," tutur dia.

Adapun bentuk pengenalan yang diberikan di sekolah yakni pengenalan apa itu fungsi uang dan fungsi pembelian dan setelah itu fungsi perangkat keuangan seperti bank.

"Sehingga kemudian mereka akan mengenal perangkat infrastruktur dalam keuangan dan itu juga diberikan pengetahuan mengenai integritas dan kejujuran."

"Topik itu yang disatukan dan dikemas dalam edukasi di kelas dan juga bentuk permainan di luar kelas," tambah Dayan.

Di samping pengajaran literasi keuangan, juga diberikan bantuan fasilitas prasarana sekolah, seperti perbaikan kelas, sarana olahraga, perpustakaan, ataupun fasilitas lain di area sekolah, termasuk alat bantu mengajar.

PermataBank selalu mengemas CERITA dari tahun ke tahun secara menyenangkan dan disampaikan secara langsung atau tatap muka bersama para EVO dengan menggunakan materi MODul finansiAL (MODAL). 

Baca Juga: 21 Tahun PermataBank, Adaptif Di tengah Tantangan Digitalisasi

MODAL menjadi bahan pembelajaran yang dapat dipelajari oleh peserta didik yang berisikan pengetahuan dasar keuangan dan perbankan berdasarkan tingkatan pendidikan dan usia para siswa. 

Selama penyelenggaraannya seluruh EVO disambut oleh Kepala Sekolah, Guru serta ribuan siswa/i kota-kota terpilih tahun ini. 

Sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2016 hingga saat ini, CERITA telah menjangkau lebih dari 43.000 penerima manfaat dan 330 sekolah.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Amry Nur Hidayat

Advertisement

Bagikan Artikel: