Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Begini 7 Tips Memilih Jenis Obligasi yang Tepat agar Untung

Begini 7 Tips Memilih Jenis Obligasi yang Tepat agar Untung Kredit Foto: Pixabay
Warta Ekonomi, Jakarta -

Ketika melakukan investasi, apapun jenis instrumennya, tentu setiap investor ingin mendapatkan keuntungan. Agar bisa mendapatkan keuntungan, maka Anda perlu memilih jenis instrumen investasi yang tepat.

Dalam proses pemilihan instrumen investasi, salah satu faktor penting yang perlu diperhatikan agar bisa menemukan instrumen yang tepat dan menghasilkan keuntungan, yaitu terletak pada tujuan investasi Anda. Dengan memiliki tujuan berinvestasi, Anda bisa mempertimbangkan dengan baik instrumen mana yang paling sesuai.

Baca Juga: Teruskan Investasi, Paraga Artamida Borong Jutaan Lembar Saham Bumi Serpong Damai Lagi!

Sebagai gambaran, artikel ini akan mencoba membahas tentang tips yang bisa diaplikasikan ketika hendak memilih jenis instrumen Obligasi. Obligasi terkenal sebagai salah satu instrumen investasi yang terdiri atas beberapa jenis, seperti misalnya Obligasi Pemerintah. Agar bisa menentukan jenis Obligasi yang tepat, baca tips selengkapnya pada pembahasan berikut.

Tips Memilih Jenis Obligasi

Dengan sistemnya yang memperjualbelikan surat utang dengan jangka waktu tertentu, Obligasi merupakan salah satu jenis instrumen investasi yang banyak digemari oleh masyarakat. Pasalnya diketahui bahwa salah satu keunggulan menarik dari instrumen investasi ini, yaitu menawarkan tingkat keamanan yang tinggi apabila dibandingkan dengan instrumen yang lain.

Instrumen Obligasi sendiri terdiri dari beberapa jenis. Sebelum memulai berinvestasi dengan instrumen ini, Anda perlu ketahui terlebih dahulu macam-macam jenisnya. Secara singkat, beberapa jenis Obligasi yang bisa Anda pilih antara lain Obligasi jenis pemerintah, Obligasi korporat, Obligasi ritel, Obligasi konvensional, maupun Obligasi tanpa kupon.

Dari banyaknya jenis Obligasi tersebut, Anda bisa memilih instrumen yang sekiranya paling sesuai dengan tujuan berinvestasi Anda. Agar bisa menemukan jenis Obligasi yang sesuai dan bisa menghasilkan keuntungan maksimal untuk mencapai tujuan atau target investasi Anda, beberapa tips yang bisa diterapkan antara lain sebagai berikut.

  • Mempelajari Jenis-Jenis Obligasi

Tips pertama yang perlu diaplikasikan sebelum Anda menentukan jenis Obligasi yang akan dipilih, yaitu Anda sebaiknya mempelajari terlebih dahulu tentang jenis-jenis dari Obligasi tersebut.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, investasi Obligasi ini terbagi ke dalam beberapa jenis mulai dari Obligasi ritel, Obligasi korporat, hingga Obligasi yang diterbitkan oleh lembaga pemerintah.

Sama seperti dengan jenis investasi lainnya, masing-masing jenis investasi Obligasi ini memiliki karakteristik yang berbeda antara jenis yang satu dengan jenis yang lain. Tidak hanya itu, tentu keuntungan yang ditawarkan dari masing-masing jenis Obligasi tersebut juga memiliki potensi yang berbeda.

Oleh karena itu, agar bisa menemukan jenis Obligasi yang tepat, Anda perlu memahami masing-masing karakteristik dan juga risiko yang mungkin saja dialami apabila memilih Obligasi tertentu.

  • Menentukan Waktu Berinvestasi

Setelah memahami jenis-jenis Obligasi, tips berikutnya agar Anda bisa mendapatkan keuntungan maksimal dari investasi Obligasi, yaitu berhubungan dengan waktu berinvestasinya. Anda perlu mencari tahu kapan sekiranya waktu yang tepat agar investasi Obligasi yang dilakukan menghasilkan keuntungan besar.

Umumnya, ada beberapa faktor yang bisa Anda pertimbangkan saat menentukan waktu yang tepat untuk berinvestasi, salah satunya ketika suku bunga sedang rendah.

  • Memperhatikan Suku Bunga atau Kupon

Selanjutnya, agar investasi Obligasi yang Anda lakukan mendapatkan keuntungan, maka Anda juga perlu untuk memperhatikan suku bunga atau yang dalam lingkup investasi Obligasi disebut juga dengan kupon.

Apabila ingin mendapatkan keuntungan yang besar, maka Anda perlu memilih jenis Obligasi yang kuponnya tinggi. Untuk itu, sebelum membeli sebuah Obligasi, pastikan Anda sudah memahami besaran kupon yang ditawarkan dari jenis Obligasi tersebut.

  • Mempertimbangkan Lembaga Penerbit Obligasi

Agar investasi yang dilakukan menghasilkan keuntungan, maka Anda perlu memperhatikan lembaga yang menerbitkan Obligasi atau surat utang. Pastikan bahwa lembaga yang menerbitkan surat utang tersebut merupakan lembaga tepercaya yang memang sudah memiliki rekam jejak baik dalam berinvestasi Obligasi.

Apabila Anda ingin keamanannya terjamin selama berinvestasi, Anda bisa mencoba instrumen Obligasi jenis pemerintah. Sesuai dengan namanya, instrumen Obligasi Pemerintah adalah investasi Obligasi yang surat utangnya diterbitkan oleh lembaga pemerintahan.

Namun apabila Anda merasa tujuan investasi Anda kurang cocok dengan instrumen ini, maka Anda bisa memilih jenis Obligasi yang lain. Tetapi pastikan untuk melakukan riset terlebih dahulu dan pertimbangkan dengan baik lembaga penerbit Obligasi mana yang akan dipilih.

  • Menyusun Strategi Investasi

Strategi merupakan hal yang harus dimiliki apabila Anda hendak berinvestasi. Dengan merencanakan strategi berinvestasi yang matang, maka potensi Anda mendapatkan keuntungan maksimal juga akan semakin besar.

Dalam menyusun strategi investasi, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan. Hal-hal tersebut antara lain waktu berinvestasi, tujuan, hingga risiko yang mungkin saja dialami.

  • Memantau Situasi Pasar

Berhubungan dengan poin menyusun strategi investasi, tips dalam memilih jenis Obligasi yang tepat berikutnya, yaitu Anda juga perlu memantau kondisi pasar.

Dikatakan demikian karena Obligasi merupakan instrumen investasi yang nilainya dipengaruhi oleh tingkat suku bunga yang berlaku di pasar. Sehingga apabila tingkat suku bunga di pasar sedang turun, maka harga dari Obligasi akan naik, begitu pun sebaliknya.

Selain berguna untuk menentukan jenis Obligasi yang akan dipilih, memantau situasi pasar juga dapat dilakukan untuk membantu Anda dalam mengambil keputusan yang tepat selama nantinya berinvestasi.

  • Menentukan Mitra Berinvestasi yang Tepat

Salah satu kunci utama agar Anda bisa mendapatkan keuntungan maksimal selama berinvestasi Obligasi, yaitu Anda perlu menentukan mitra yang tepat. Saat ini sudah banyak mitra untuk berinvestasi Obligasi. Untuk itu, Anda perlu pintar-pintar dalam memilih mitra berinvestasi.

Apabila Anda tertarik memulai investasi Obligasi, poin selanjutnya akan memberikan rekomendasi mitra berinvestasi Obligasi yang bisa Anda pilih. Pembahasan lengkapnya dapat Anda simak sebagai berikut.

Mulai Investasi Obligasi Pemerintah bersama Tim Ahli

Dari poin-poin terkait tips memilih jenis Obligasi di atas, apakah Anda tertarik untuk memulai berinvestasi Obligasi? Apabila tertarik, langkah pertama yang bisa Anda lakukan ialah menentukan mitra berinvestasi.

Bicara mengenai mitra dalam berinvestasi, salah satu yang bisa menjadi mitra yang tepat dalam berinvestasi Obligasi, yaitu perbankan prioritas DBS Treasures. Dengan berinvestasi Obligasi bersama DBS Treasures, ada beberapa keunggulan yang ditawarkan.

Keunggulan-keunggulan yang bisa dirasakan dengan berinvestasi Obligasi bersama DBS Treasures ialah adanya pendapatan berupa kupon reguler yang dibayarkan secara berkala oleh penerbit selama periode investasi berlangsung serta adanya potensi untuk mendapatkan capital gain.

Dapatkan kesempatan untuk didukung analisis pasar terkurasi dari tim ahli finansial yang akan mengomunikasikannva. Raih peluang terkini yang sudah disesuaikan dengan profil risiko dan kebutuhan portofolio Anda, dimotori Artificial Intelligence/Machine Learning (AI-ML). Insight tersebut dilengkapi solusi terkurasi terkait investasi (Grow) dan asuransi (Protect), sehingga Anda dapat cepat dan yakin berinvestasi melalui media sesuai preferensi.

Baca Juga: Sebelum Investasi, Periksa Dulu Harga Emas Pegadaian Hari Ini!

Untuk Anda yang tertarik memulai berinvestasi Obligasi Pemerintah bersama DBS Treasures, Anda bisa mendapatkan penjelasan lebih lanjut tentang persyaratan dan juga langkah-langkah memulainya di sini.

Baca Juga: Kominfo Ajak Masyarakat Waspadai Jeratan Investasi dan Pinjol Ilegal, Begini Ciri-cirinya

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Aldi Ginastiar

Advertisement

Bagikan Artikel: