Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Gaia Bumi Raya City Resmikan Instalasi PLTS Berkapasitas 1.491 kWp

Gaia Bumi Raya City Resmikan Instalasi PLTS Berkapasitas 1.491 kWp Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

Gaia Bumi Raya City, salah satu mall terhijau di Indonesia, meresmikan instalasi PLTS dengan kapasitas 1.491 kWp melalui kolaborasi bersama Suryanesia, sebuah perusahaan yang menyediakan energi bersih bagi pelaku usaha di Indonesia. Berbeda dari praktik biasa, instalasi yang terpasang di Gaia Bumi Raya City merupakan kombinasi dari PLTS atap dan solar carport. 

Melalui inovasi solar carport tersebut, panel surya tidak hanya berfungsi untuk menghasilkan energi bersih, tetapi juga sebagai atap pada area parkir mall sekaligus sebagai sarana edukasi masyarakat. Untuk memaksimalkan produksi listrik, Suryanesia menggunakan panel surya bifacial pada solar carport agar dapat menyerap sinar matahari dari atas maupun pantulan cahaya dari bawah, sehingga mampu menghasilkan hingga 30% lebih banyak energi dibandingkan panel surya konvensional. 

Dengan instalasi PLTS ini, setiap tahunnya Gaia Bumi Raya City dapat menghasilkan energi bersih sebesar 2.049.246 kWh dan mengurangi jejak karbon sebesar 1.608.248 kgCO2. Sebagai bagian dari kegiatan peresmian, tamu undangan dan masyarakat juga diberikan kesempatan mengikuti tur untuk melihat langsung dan mendengar penjelasan atas instalasi solar carport tersebut.

Peresmian ini turut dihadiri oleh Asisten II (Bidang Perekonomian dan Pembangunan) Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Barat, Ignasius I.K.; Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Kalimantan Barat, Syarif Kamaruzaman; Asisten I (Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat) Sekretariat Daerah Kabupaten Kubu Raya, H. Mustafa Kamal; dan Senior Manager Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN Unit Induk Distribusi Kalimantan Barat, Paris El Hakim.

Sebagai pusat perbelanjaan pertama di Kalimantan yang memanfaatkan PLTS, inisiatif ini memperkuat komitmen Gaia Bumi Raya City dalam menerapkan praktik bisnis yang berkelanjutan dan ramah lingkungan. Langkah ini melengkapi serangkaian upaya hijau lainnya, termasuk penyediaan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), pengolahan air daur ulang, dan penggunaan pendingin efisiensi tinggi bebas oli. 

Dr. Steven Swandono, Direktur Operasi Gaia Bumi Raya City mengatakan, Gaia Bumi Raya City melihat betapa pentingnya penerapan praktik bisnis yang bertanggung jawab dan berorientasi pada lingkungan yang berkelanjutan. Instalasi PLTS ini menambah daftar inisiatif ramah lingkungan yang telah kami lakukan sebelumnya dan juga mendukung upaya pemerintah dalam pemanfaatan energi bersih untuk sektor komersial. 

“Kami mempercayai Suryanesia untuk menyediakan solusi PLTS ini karena Suryanesia memiliki tim yang berpengalaman, pelayanan yang sangat baik, dan penawaran yang menarik,” jelas Steven Swardono, dalam keterangan media, Rabu (25/10/2025). 

Gaia Bumi Raya City menunjuk Suryanesia sebagai mitra terpercaya dalam pemasangan sistem PLTS,  mulai dari proses desain, instalasi dan perizinan hingga PLTS dapat beroperasi. Dengan sumber daya manusia yang berpengalaman dan bersertifikasi, Suryanesia juga akan mengoperasikan dan memelihara PLTS untuk memastikan kinerja baik dalam jangka panjang. 

Rheza Adhihusada, Founder & CEO Suryanesia mengatakan, merasa terhormat dapat bekerja sama dengan Gaia Bumi Raya City, sebagai mitra yang sangat peduli akan perubahan iklim dan yang telah menerapkan banyak inisiatif inovatif untuk mendukung keberlanjutan.  Pihaknya percaya bawah langkah-langkah yang diambil oleh Gaia Bumi Raya City dapat berfungsi sebagai inspirasi bagi perusahaan lain dalam mengadopsi energi bersih.

Baca Juga: Industri Perkebunan Berpegang Teguh Pada Konsep Bisnis Berkelanjutan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Ferry Hidayat

Advertisement

Bagikan Artikel: