Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Tawarkan Berbagai Inovasi, Lazada Dukung Penuh UMKM untuk Hadapi Ekonomi Digital

Tawarkan Berbagai Inovasi, Lazada Dukung Penuh UMKM untuk Hadapi Ekonomi Digital Kredit Foto: Lazada
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pesatnya perkembangan ekonomi digital Indonesia yang didorong oleh kehadiran platform e-commerce telah membuka peluang bagi pemilik Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk memperluas jangkauan pasar mereka ke ranah online. Indonesia bahkan menjadi kontributor terbesar di pasar e-commerce Asia Tenggara berdasarkan laporan e-Conomy SEA 2023.

Terkait itu, Lazada berkomitmen mendorong perjalanan transformasi digital bagi UMKM dengan menggiatkan inovasi dalam berbagai program yang bisa memperkuat bisnis mereka. 

Stefan Winata, Head of Seller Development and Sales Operations Lazada Indonesia, mengatakan, “Lazada berusaha memberikan sumber daya terbaik yang diperlukan bagi UMKM di Indonesia. Dalam semangat #AdadiLazada, kami terus menyediakan beragam solusi dan layanan yang holistik untuk membantu penjual lokal tumbuh dan berkembang dalam ekosistem ekonomi digital serta merancang berbagai program unggulan untuk memastikan mereka dapat menggapai sukses di platform Lazada."

Baca Juga: Cermati dan Treasury Luncurkan Produk Investasi Emas Digital, Modalnya Mulai dari Rp10.000 Loh

"Di Lazada sendiri, gratis ongkos kirim (ongkir) masih menjadi bentuk promosi yang paling diminati. Bahkan data tahun 2023 memperlihatkan bagaimana penjualan dari penjual yang menggunakan fitur gratis ongkir meningkat 1,5 kali lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya, menunjukkan bagaimana penggunaan fitur gratis ongkir bagi penjual bisa menarik penjualan," tambah Stefan. 

Lazada juga menerapkan pertumbuhan berkelanjutan yang mendukung inovasi dan investasi untuk para UMKM lokal. Platform belanja online ini bahkan memiliki beragam inovasi berbasis teknologi. Mulai dari kanal livestreaming LazLive, permainan game menarik, fitur Augmented Reality (AR) Beauty, hingga fitur chatbot e-commerce berbasis kecerdasan buatan LazzieChat dan asisten virtual LISA.

“Agar penjual lokal bisa segera memanfaatkan seluruh inovasi berbasis teknologi tersebut, Lazada juga memberikan berbagai insentif tambahan untuk penjual yang baru bergabung di Lazada seperti bebas biaya komisi, termasuk komisi penjualan livestreaming, untuk tiga bulan pertama dan gratis biaya promosi ongkir untuk dua bulan pertama dengan tujuan memberikan penjual kemudahan dan kesempatan untuk berkembang di platform Lazada,” ungkap Stefan. 

Baca Juga: Rancang Masa Depanmu Sejak Dini! DPLK BRI Ajak UMKM Persiapkan Dana Pensiun

Lazada Indonesia juga telah menjadi mitra resmi belanja online dalam Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2023. Hal ini untuk mendukung penjualan produk-produk lokal Indonesia dalam perayaan belanja online terbesar akhir tahun ini.

“Kami sudah siapkan berbagai promosi dan dukungan khusus kepada jenama dan penjual UMKM yang berpartisipasi dalam festival belanja online akhir tahun 11.11 dan 12.12 (Harbolnas), agar jenama dan penjual lokal UMKM dapat mencapai kesuksesan yang lebih besar serta meningkatkan penjualan mereka. Jadi, kami mengundang seluruh penjual di Lazada untuk memanfaatkan berbagai fitur yang telah kami sediakan agar bisa sukses dalam mendorong laju pertumbuhan ekonomi digital Indonesia,” ujar Stefan. 

Sebagai pelopor shoppertainment yang menggabungkan interaksi, informasi, dan hiburan dalam pengalaman belanja konsumen, keberadaan kanal LazLive menjadi elemen penting untuk mendukung bisnis UMKM di platform Lazada. Ogie Baringbing, Head of Livestreaming Lazada Indonesia mengatakan “Kami terus melihat pertumbuhan penjualan melalui kanal LazLive."

"Bahkan di bulan Oktober 2023, kami mencatatkan pertumbuhan penjualan melalui LazLive lebih dari 200% dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Data ini menunjukkan bahwa kanal LazLive memiliki daya tarik yang kuat dan efektif dalam mendukung penjualan. Hal yang lebih membanggakan adalah bahwa catatan rata-rata penjualan tertinggi selama bulan tersebut didominasi oleh jenama lokal Indonesia,” lanjutnya. 

Baca Juga: Kunjungan Kaesang dan PSI: Mendorong Perkembangan UMKM dan Pelestarian Budaya

Kanal LazLive didukung oleh berbagai fitur promosi yang memungkinkan penjual untuk menjangkau khalayak yang lebih luas. Untuk mengoptimalkan penggunaan fitur LazLive, para LazTalent telah menjalani pelatihan dan pembinaan intensif dari Lazada. 

"Kami berupaya memberikan nilai tambah bagi para penjual di Lazada melalui penawaran eksklusif kami di LazLive dengan membebaskan biaya komisi penjualan produk yang terjual saat livestreaming di LazLive dengan tujuan memberikan insentif kepada jenama dan UMKM untuk memanfaatkan fitur ini," papar Ogie. 

"Hal ini juga didukung oleh pengembangan beragam fitur, termasuk salah satunya fitur in-live price yang memudahkan penjual untuk melakukan pemotongan harga saat livestreaming berlangsung. Kami percaya bahwa melalui LazLive, mereka dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap produk mereka sendiri. Ini adalah bagian dari komitmen kami yang kuat untuk mendukung pertumbuhan bisnis UMKM di dalam ekosistem platform Lazada,” pungkas Ogie.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Belinda Safitri
Editor: Belinda Safitri

Advertisement

Bagikan Artikel: