Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

PNM dan Telkomsel Serius Dorong Digitalisasi Sektor Ultra Mikro Lewat Aplikasi MekaarDigi

PNM dan Telkomsel Serius Dorong Digitalisasi Sektor Ultra Mikro Lewat Aplikasi MekaarDigi Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Permodalan Nasional Madani (PNM) menggandeng Telkomsel dalam mendorong digitalisasi di sektor ultra mikro. Hal itu diimplementasikan melalui kolaborasi PNM dan Telkomsel melalui aplikasi MekaarDigi.

Corporate Secretary PNM, L. Dodot Patria, mengungkapkan bahwa peluncuran aplikasi MekaarDigi tersebut dimaksudkan untuk mengakselerasi digitalisasi dalam program PNM, yakni Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) yang seluruhnya merupakan para perempuan pelaku usaha ultra mikro di Tanah Air.

Ia menyampaikan, hadirnya aplikasi MekaarDigi akan memberi kemudahan bagi para account officer (AO) PNM dalam memberikan pelayanan kepada nasabah hingga yang berada di pelosok. Nantinya, seluruh pendataan yang sebelumnya masih berbasis manual di kertas akan bertransformasi secara digital dan terpusat melalui aplikasi MekaarDigi.

Baca Juga: Perkuat Literasi Keuangan, PNM Ajak Nasabah Lakukan 5 Hal untuk Lindungi Data Pribadi

"Strategi ini kami harap bisa mendorong peran atau level ultra mikro, khususnya perempuan prasejahtera sehinggabisa naik kelas, tidak hanya dari sisi ekonomi, tetapi juga sosial dan intelektual," pungkasnya dalam Media Briefing di Menara PNM, Selasa, 14 November 2023.

Ia menambahkan, untuk mengoptimalkan pemanfaatan aplikasi MekaarDigi, PNM menggandeng Telkomsel sebagai salah satu perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia.

General Manager Account Management Business Sector Telkomsel, Handoyono Hadi, menyampaikan bahwa dalam kolaborasi ini Telkomsel berperan dalam penyediaan akses yang meliputi gawai dengan keamanan yang terjamin hingga paket internet khusus untuk memfasilitas para AO PNM di daerah.

"Telkomsel serius mendorong dan mendukung program UMKM, khususnya dalam proses digitalisasinya. Dengan kapabilitas yang ada di Telkomsel serta dengan pengembangan produk dan solusi akan sangat membantu dalam mendorong pertumbuhan di sektor UMKM," tegas Handoyono.

Baca Juga: PNM Paparkan Strategi Digitalisasi Nasabah Milenial pada Acara Studi Banding Global Network for Advanced Management (GNAM)

Baik PNM maupun Telkomsel menyambut optimis proses transformasi digital di sektor ultra mikro. Terlebih lagi, inovasi dan solusi digital yang dihadirkan melalui kolaborasi PNM dan Telkomsel juga dinilai dapat meningkatkan efisiensi proses pinjaman mikro secara signifikan, meningkatkan jumlah nasabah PNM, memperluas akses permodalan, serta meningkatkan kesejahteraan ekonomi para perempuan di sektor ultra mikro.

"Kami memilih kolaborasi ini sebagai strategi untuk bisa tumbuh bersama dan menginspirasi sesama. Kolaborasi ini tidak hanya memperhitungkan bisnis, tetapi juga memberikan dampak positif bagi lingkungan," tegas Dodot.

Baca Juga: Kominfo Ajak Masyarakat Waspadai Jeratan Investasi dan Pinjol Ilegal, Begini Ciri-cirinya

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Amry Nur Hidayat

Advertisement

Bagikan Artikel: