Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Rakor Papua Pegunungan, Wamendagri John Wempi: Saya Lihat Ada Beberapa Atensi...

Rakor Papua Pegunungan, Wamendagri John Wempi: Saya Lihat Ada Beberapa Atensi... Kredit Foto: Kemendagri
Warta Ekonomi, Jakarta -

Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) John Wempi Wetipo meminta Penjabat (Pj.) Gubernur Papua Pegunungan Velix Vernando Wanggai yang baru dilantik segera membentuk dan mensahkan Majelis Rakyat Papua (MRP). Dia menerangkan, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) hingga saat ini belum menerima terkait dengan keanggotaan MRP. Pembentukan dan pengesahan tersebut diharapkan bisa rampung paling lambat akhir November 2023.

Wempi menyampaikan hal tersebut saat memberikan sambutan pada Acara Penyambutan Wamendagri RI dan Pj. Gubernur Papua Pegunungan beserta Rombongan, yang dirangkaikan dengan Rapat Koordinasi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah Se-Provinsi Papua Pegunungan di Gedung Aithousa Wamena, Kamis (16/11/2023) dalam keterangannya.

Baca Juga: Wamendagri Dorong Anggota MRP Papua Selatan Dukung Pelaksanaan Pemilu dan Pilkada 2024

“Saya lihat di sini ada beberapa atensi, yang pertama adalah pembentukan Majelis Rakyat Papua, MRP Papua ini belum terbentuk dia provinsi yang baru, yaitu Provinsi Papua Pegunungan dan Papua Barat Daya,” katanya.

Dirinya yakin dan percaya bahwa Pj. gubernur yang baru adalah seorang birokrat yang kompeten. Velix dinilai memahami bagaimana pemerintahan harus berjalan, sehingga persoalan MRP bakal segera diselesaikan bersama Sekretaris Daerah (Sekda) dan pihak terkait lainnya. Selain itu, berbagai capaian baik yang dilakukan oleh Pj. Gubernur sebelumnya juga akan dilanjutkan oleh Velix.

“Karena ini sekali lagi pada kesempatan yang baik ini, saya memohon kepada Pj. yang baru memberikan atensi yang khusus kepada MRP ini segera disahkan,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Wempi juga menyampaikan penghargaan yang tulus kepada Pj. Papua Pegunungan sebelumnya Nikolaus Kondomo yang telah menyelesaikan tugas sebagai Pj. Gubernur setelah terbentuknya 4 Daerah Otonom Baru (DOB) di Papua dan terbitnya Undang-undang (UU) Nomor 16 Tahun 2022 tentang Pembentukan Provinsi Papua Pegunungan. Dia menilai, Nikolaus telah memberikan dedikasinya dengan baik.

Baca Juga: Merek Perhiasan Artisan Buatan Tangan yang Ikonik, John Hardy Memperkenalkan Koleksi Musim Gugur/Musim Liburan 2023

“Penjabat Gubernur Papua Pegunungan (pertama) adalah Nikolaus Kondomo, sekali lagi atas nama pemerintah pusat menyampaikan terima kasih penghargaan yang tulus dedikasi beliau kurang lebih satu tahun menjalankan pemerintahan di Provinsi Papua Pegunungan,” ucapnya.

Baca Juga: Kominfo Ajak Masyarakat Waspadai Jeratan Investasi dan Pinjol Ilegal, Begini Ciri-cirinya

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Ayu Rachmaningtyas Tuti Dewanto
Editor: Aldi Ginastiar

Advertisement

Bagikan Artikel: