Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Melalui Sosialiasi, Kemenhub-Ditjen Hubdat Komitmen Tingkatkan Layanan Informasi

Melalui Sosialiasi, Kemenhub-Ditjen Hubdat Komitmen Tingkatkan Layanan Informasi Kredit Foto: Dok. Panpel
Warta Ekonomi, Jakarta -

Seiring dengan adanya perkembangan teknologi digital, setiap badan publik seyogyanya dapat lebih cepat dan tanggap dalam melakukan pelayanan informasi publik. Salah satu langkah yang diambil oleh Ditjen Perhubungan Darat adalah meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia yang menjadi pelayan informasi dengan menggelar Sosialisasi Pengelolaan dan Pelayanan Informasi Publik dengan tema "Pengelolaan Informasi Publik dan Kehumasan di Era Transformasi Digital". Sosialisasi dilakukan pada tanggal 15 - 17 November 2023 di Yogyakarta.

“Dengan adanya transformasi digital ini, kita harus mempersiapkan untuk melakukan perubahan. Terutama dalam buat konten-konten media sosial menjelang periode Natal dan Tahun Baru 2023/2024 yang makin dekat ini,” ujar Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Amirulloh dalam sambutannya.

Baca Juga: Revilatisasi Transportasi, Kemenhub Bahas Modernisasi untuk Terminal Tipe A

Hal ini sejalan dengan dengan Undang-Undang  No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik yang mewajibkan setiap badan publik untuk menyampaikan informasi publik sebagai bentuk pemenuhan hak masyarakat dan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 46 Tahun 2018 tentang Pedoman Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi di lingkungan Kementerian Perhubungan.

Sesuai dengan tema sosialisasi yang memfokuskan pengelolaan informasi publik di era transformasi digital, saat ini diperlukan strategi komunikasi khusus dalam mengelola media sosial instansi. Hal ini bertujuan agar pesan yang disampaikan kepada khalayak dapat tersampaikan dengan baik dan Ditjen Hubdat bisa menunjukkan kinerjanya melalui konten media sosial.

“Saya berharap kita dapat terus membangun dan memelihara komunikasi bersama-sama, serta sinergitas dalam mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat," kata Amirulloh.

Pada kesempatan yang sama, beberapa narasumber memaparkan materi yang akan meningkatkan kompetensi dari peserta sosialisasi. Adapun narasumber pertama adalah Ayom Satrio, seorang content creator yang menjelaskan materi tentang cara mudah mendapat ide dan membuat konten kekinian.

Baca Juga: Tim Pemenangan Sangat Sedikit, Kubu Anies Baswedan Beri Penjelasan: Belum Mencerminkan Seluruh Tim

Pada acara sosialisasi tersebut, turut hadir sebagai narasumber Tenaga Ahli Komisi Informasi Pusat RI (KIP), Tya Tirtasari yang memaparkan materi tentang Keterbukaan Informasi Publik. Dalam paparannya, Ia menjelaskan terdapat informasi publik yang wajib dibuka dan informasi yang tidak dapat diberikan oleh badan publik.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Aldi Ginastiar

Advertisement

Bagikan Artikel: