Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Hari Listrik Nasional ke-78, Enlit Asia 2023 Sukses Digelar di Indonesia: Tonggak Dedikasi dan Semangat Kolektif untuk Transisi Energi

Hari Listrik Nasional ke-78, Enlit Asia 2023 Sukses Digelar di Indonesia: Tonggak Dedikasi dan Semangat Kolektif untuk Transisi Energi Kredit Foto: Enlit Asia 2023
Warta Ekonomi, Jakarta -

Acara Hari Listrik Nasional ke-78 Enlit Asia 2023 telah sukses diselenggarakan di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD pada tanggal 14-16 November 2023.

Acara ini dihadiri lebih dari 11.000 peserta dari 50 negara, 100 perusahaan sebagai sponsor dan lebih dari 200 perusahaan dari dalam dan luar negeri yang terlibat sebagai peserta pameran. Gelaran Enlit Asia 2023 dalam rangka Hari Listrik Nasional ke-78 berhasil menyajikan berbagai kegiatan yang memberikan wawasan dan pengalaman bagi para pelaku bisnis dan industri kelistrikan. 

Ketua Umum Masyarakat Ketenagalistrikan Indonesia Evy Haryadi, dalam sambutannya menyampaikan rasa syukurnya atas keberhasilan acara ini.

"Kita telah membahas banyak isu sektor energi, berbagi ide, dan memperkuat jaringan yang memiliki potensi untuk membentuk lintasan masa depan energi kita. Tentunya acara ini telah menjadi tonggak bagi dedikasi dan semangat kolektif yang setiap orang bawa dalam dialog tentang transisi energi," kata Evy Haryadi.

"Dalam semangat kolaborasi dan tanggung jawab bersama, kita telah menyaksikan bagaimana bangsa, industri, dan masyarakat bangkit menghadapi tantangan. Terima kasih atas partisipasi, semangat, dan komitmen untuk beralih ke masa depan yang lebih bersih dan hijau," lanjutnya.

Baca Juga: Hari Listrik Nasional ke-78: Enlit Asia 2023 Hadirkan Beragam Diskusi Panel Terkait Sistem Integrasi dan Perkembangan Digital

Senada dengan hal tersebut, Ketua Pelaksana Hari Listrik Nasional ke-78 Arsyadany G. Akmalaputri menyatakan rasa terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung jalannya acara ini, “Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat, sehingga acara ini banyak mendapat apresiasi dari para exhibitors, visitors maupun peserta seminar. Ini semua bisa terjadi karena kerja keras dan koordinasi yang sangat erat seluruh pihak untuk keberhasilan acara ini,” ujarnya.

“Ada banyak kesepakatan dan kerja sama yang terjalin selama berlangsungnya acara HLN ke-78 Enlit Asia 2023. Pada hari pertama saja setidaknya telah ada enam MoU yang ditandatangani antara PT PLN (Persero) dengan perusahaan terkemuka di bidang energi seperti China Southern Power Grid International (HK) Co Limited, Hitachi Sakti Energy Indonesia, Electricite De France, GE Vernova, Danish Energy Agency, dan Huawei. Tentunya kita berharap kedepannya akan lebih banyak lagi kerja sama yang terjalin untuk memajukan industri energi dan kelistrikan ini,” tambahnya. 

Event Director, Energy Portfolio Clarion Events Asia - Simon Hoare mengatakan, “Kami bangga bisa berkolaborasi bersama MKI untuk menghadirkan acara yang luar biasa di industri energi dan kelistrikan ini. Kami berharap hubungan kerja sama yang baik ini bisa diteruskan untuk menjalin hubungan yang baik antar stakeholder di bidang energi dan kelistrikan."

"Setidaknya, acara ini diikuti oleh lebih dari 13.000 peserta dari 50 negara dan lebih dari 100 perusahaan berpartisipasi sebagai sponsor. Tidak kurang dari 200 perusahaan dari dalam dan luar negeri yang terlibat sebagai peserta pameran yang tentunya menjadikan banyak kesempatan untuk berdiskusi dan bekerja sama. Selain itu, acara ini juga diisi dengan kegiatan konferensi yang dilaksanakan di Nusantara Hall dan di Knowledge Hub dengan lebih dari 50 topik bahasan dan jumlah pembicara sebanyak 300 orang,” lanjutnya.

Baca Juga: Darmawan Prasodjo Raih Male Executive Of The Year Enlit Asia Power Energy Awards 2023

Enlit Asia 2024 akan diselenggarakan di Kuala Lumpur, Malaysia. Sekretaris Jenderal Masyarakat Ketenagalistrikan Indonesia & Ketua Pelaksana HLN78 - Arsyadany G Akmalaputri secara simbolis telah menyerahkan tropi Enlit Asia kepada acting CEO of MyCEB Zain Azrai bin Rashid sebagai tuan rumah Enlit Asia 2024. Penyerahan tropi penyelenggaraan ini dilakukan di booth Enlit Asia pada 14 November 2023. 

Enlit Asia adalah konferensi dan pameran tahunan yang menyatukan dua acara besar di sektor listrik dan energi, yaitu POWERGEN Asia dan Asian Utility Week. Acara ini merupakan platform bagi para pelaku industri listrik dan energi untuk menunjukkan solusi, layanan, dan produk inovatif yang sejalan dengan strategi energi rendah karbon di Asia.

Dengan berkumpulnya seluruh pemain dalam bidang ketenagalistrikan, acara ini diharapkan dapat berkontribusi besar dalam memperkuat dan mempercepat transisi energi di kawasan ASEAN, khususnya di Indonesia.

Baca Juga: Bawaslu Surati KPU soal Masuknya Ni Luh Djelantik dalam TPD Ganjar-Mahfud Bali

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Amry Nur Hidayat

Advertisement

Bagikan Artikel: