Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bikin Terobosan, Edufrienz Hadirkan Perpustakaan Digital Anak

Bikin Terobosan, Edufrienz Hadirkan Perpustakaan Digital Anak Kredit Foto: Edufrienz
Warta Ekonomi, Jakarta -

Penggunaan gadget oleh anak-anak, terutama smartphone dan tablet, di era digital ini sulit dihindari. Gadget telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari mereka.

Namun penggunaan gadget yang berlebihan dapat menyebabkan kecanduan dan berdampak negatif pada pertumbuhan anak-anak, seperti menurunkan kemampuan kognitif, kesulitan berkonsentrasi, dan menghambat perkembangan komunikasi anak-anak.

Oleh karena itu, orang tua harus mengawasi dan membimbing anak-anak mereka dalam menggunakan gadget. Contohnya, dengan mengenalkan gadget sebagai media pembelajaran bagi anak-anak. 

Salah satu media pembelajaran yang dapat dijadikan referensi untuk anak-anak oleh orang tua adalah Edufrienz 99. Edufrienz 99 adalah platform pembelajaran berbasis web digital (www.edufrienz.com) yang didirikan pada Maret 2023 di Singapura. Platform ini menyediakan perpustakaan lembar kerja digital untuk anak-anak dengan berbagai konten dan sumber belajar.

Baca Juga: Perpustakaan Umum Daerah di Penajam Paser Utara Diresmikan Sebagai Langkah Awal Peningkatan Literasi

Co-Founder Edufrienz 99 Pte Ltd, Chantel Goh, mengatakan Edufrienz 99 bisa menjadi solusi pembelajaran untuk anak-anak. Di perpustakaan lembar kerja digital ini, orang tua dan pendidik dapat dengan mudah mengakses konten pembelajaran dan lembar kegiatan untuk meningkatkan proses pembelajaran anak-anak.

"Sebagian besar orang tua khawatir anak-anak mereka akan menggunakan perangkat digital terlalu lama. Untuk alasan ini, perpustakaan lembar kerja digital Edufrienz 99 menawarkan sumber daya praktis untuk membantu mengurangi ketergantungan anak pada alat digital. Dengan Edufrienz 99, anak-anak dapat terlibat dalam aktivitas menggunakan kertas dan pensil," kata Chantel Goh dalam pernyataan di Jakarta, Senin (20/11/2023).

Chantel Goh menambahkan bahwa Edufrienz 99 dilengkapi dengan 11 kategori konten, termasuk menggambar, mewarnai, permainan, bahasa Cina, poster, kegiatan pembelajaran, dan masih banyak lagi.

Salah satu kategori kunci untuk pembelajaran adalah tentang menumbuhkan nilai dan perilaku positif anak-anak. Di sini, orang tua dan sekolah dapat menemukan berbagai topik pembelajaran emosional sosial melalui pengenalan fitur Spark Frienz yang menampilkan lima hewan kartun pendamping untuk membimbing perkembangan karakter anak-anak.

Menurut Goh, ada berbagai macam alat digital yang mendukung pembelajaran anak-anak, namun tidak semuanya terjangkau oleh masyarakat luas. Edufrienz 99 mematok tarif langganan yang sangat murah, mulai dari US$2,49/bulan.

Baca Juga: Perpustakaan Digital: Menyongsong Era Teknologi dengan Kreativitas Konten Kreator

"Tujuan kami adalah membuat gebrakan di mana pembelajaran anak-anak belajar tidak hanya dilakukan secara konvensional tetapi juga melalui platform digital. Dengan cara ini, lebih banyak anak akan dapat mengakses pembelajaran dan kegiatan yang menyenangkan, baik di rumah maupun di sekolah. Pada saat yang bersamaan, mereka bisa mengembangkan kepribadian yang baik," harap Chantel Goh.

Edufrienz, imbuh Chantel Goh, adalah contoh bagaimana anak-anak dapat memaksimalkan 

pembelajaran dengan media digital. Di sisi lain, orang tua bisa lebih fokus pada pertumbuhan kognitif dan perkembangan kepribadian anak-anak mereka.

Baca Juga: Demi Perkuat Penguasaan Pasar, Anak Usaha Pertamina Jalin Kerja Sama dengan KKMC

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Amry Nur Hidayat

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: