Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pasok SF ke Wilayah Kerja Jabung, PPN dan PetroChina Dukung Penggunaan Produk dalam Negeri

Pasok SF ke Wilayah Kerja Jabung, PPN dan PetroChina Dukung Penggunaan Produk dalam Negeri Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Pertamina Patra Niaga (PPN) dan PetroChina International Jabung Ltd (PCJL) menandatangani nota kesepahaman (memorandum of understanding/ MoU) dalam penggunaan produk Smooth Fluid (SF) untuk mendukung pengeboran di wilayah kerja (WK) Jabung, Provinsi Jambi.

Penandatangan kerja sama antara PPN dan PetroChina Jabung yang disaksikan Wakil Kepala SKK Migas Nanang Abdul Manaf dan Deputi Dukungan Bisnis SKK Migas Rudi Satwiko pada perhelatan Forum Kapasitas Nasional III Tahun 2023 tersebut, merupakan dukungan kuat terhadap penggunaan produk dalam negeri dalam operasional hulu migas nasional.

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Petrus Ginting mengatakan, perencanaan delivery Smooth Fluid ke Petrochina akan dimulai di bulan Desember 2023 sebesar 1,600 BBL.

"Rencananya pasokan Smooth Fluid ke PetroChina akan mulai dilakukan pada bulan Desember 2023 dengan jumlah sebanyak 1,600 BBL," kata Irto saat dihubungi wartawan di Jakarta, Selasa (28/11/2023).

Baca Juga: PetroChina Jabung Raih Juara 1 Anugerah Tata Bandha Energi Tahun 2023 dari Kementerian ESDM RI

Menurut dia, produk yang akan di-supply ke Petrochina adalah SF-05 yang berasal dari RU V Balikpapan. Keunggulan Smooth Fluid adalah produk lokal dalam negeri dengan TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri) mencapai 75% yang sejalan dengan program SKK Migas untuk meningkatkan penggunaan komponen dalam negeri dalam kegiatan operasional hulu migas nasional.

"Harga yang kami tawarkan juga kompetitif dengan pesaing yang berasal dari produk import. Ketersediaan supply dengan produksi mencapai 480,000 BBL per tahun untuk produk SF-05 dari RU V Balikpapan," ujarnya.

Smooth Fluid Pertamina sendiri adalah cairan fluida yang digunakan dalam kegiatan pengeboran. Produk tersebut terbuat dari fraksi minyak yang memiliki beberapa karakteristik di antaranya non-korosif dan kompatibel dengan peralatan pengeboran seperti gasket dan seal.

Selain itu, Smooth Fluid juga mempunyai kestabilan yang baik dan tidak mudah teroksidasi dalam berbagai kondisi operasi (termasuk off shore dan HPHT), mempunyai keamanan yang baik pada peralatan kerja serta kestabilan yang baik untuk penyimpanan jangka panjang.

Baca Juga: Kolaborasi Pemanfaatan Gas Suar PetroChina Jabung, Langkah Maju Mendukung Net Zero Emission

"Produk ini juga ramah lingkungan dengan hasil pengujian Toxicity Test, Biodegradability, Skin Irritattion, Eye Irritation dan BTX content," ungkapnya.

Sebelumnya dalam Forum Kapnas III 2023, Rudi Satwiko mengatakan, Forkapnas III 2023 di Jakarta membuktikan bahwa anak bangsa tidak hanya bisa memproduksi kebutuhan hulu migas dalam negeri, namun juga siap bersaing di kancah internasional. 

"Saya mengucapkan terima kasih atas komitmen yang telah ditunjukkan semua pihak dalam industri ini. Kolaborasi seperti ini sangat penting untuk meningkatkan kualitas serta daya saing industri hulu migas secara nasional, dan perlu diteruskan untuk dampak berganda yang lebih besar," ungkap Rudi Satwiko.

Baca Juga: Demi Perkuat Penguasaan Pasar, Anak Usaha Pertamina Jalin Kerja Sama dengan KKMC

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Amry Nur Hidayat

Advertisement

Bagikan Artikel: