Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

34 SD se-Kecamatan Cikande Ikuti Lomba Melukis Kaos Bersama LamiPak Indonesia

34 SD se-Kecamatan Cikande Ikuti Lomba Melukis Kaos Bersama LamiPak Indonesia Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Serang -

Pada hari ini Kamis, 30 November 2023, PT Lami Packaging Indonesia bekerjasama dengan UPT Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kecamatan Cikande menggelar kegiatan Melukis Diatas Kaos untuk ratusan siswa-siswi perwakilan 34 Sekolah Dasar (SD) se-Kecamatan Cikande.

Kegiatan ini didukung oleh Indonesian Forestry Certification Cooperation (IFCC) selaku Lembaga Sertifikasi kehutanan yang memenuhi tolak ukur pengelolaan hutan lestari dibawah naungan PEFC dan PT GreenField Indonesia selaku salah satu produsen susu terkemuka di Indonesia.

Melukis atau mewarnai sudah tidak asing lagi terlihat oleh mata kita. Selain mengasah keterampilan, kegiatan ini merupakan salah satu cara untuk menuangkan sebuah kreativitas. Biasanya, melukis atau mewarnai dilakukan pada sebuah kertas yang sudah terdapat objek gambar. Namun, kali ini konsep berbeda dilakukan oleh LamiPak Indonesia adalah melukis di atas kaos.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Serang. Dr. H. Asep Nugrahajaya, M. Pd setelah membuka kegiatan ini mengatakan bahwa acara ini digelar dalam rangka melaksanakan program sosialisasi dan kampanye penggunaan kemasan minuman yang ramah lingkungan. Dimana program ini bisa mengajarkan anak-anak tentang kepeduliannya menjaga bumi dan mengekspresikannya dalam melukis diatas kaos.

Baca Juga: Percepatan Kebutuhan Guru di Papua, Wapres Apresiasi Kemendikbudristek

“Alhamdulillah, kegiatan berjalan dengan lancar tanpa terkendala apa pun. Anak-anak juga sangat antusias dan bersemangat, bahkan beberapa guru pendamping dari masing-masing sekolah juga menanggapi positif acara ini. Semoga dengan diadakannya acara seperti ini, dapat menambahkan semangat anak untuk terus belajar dan juga meningkatkan bakat melukis para peserta. Harapannya dengan kegiatan ini kita bisa lebih memberikan ruang dan kesempatan anak-anak kita untuk bisa mengekspresikan kreatifitasnya,” ungkapnya.

Asep sangat mengapresiasi kegiatan pelopor atau pioneer seperti yang dilakukan oleh PT Lami Packaging Indonesia ini. Karena menurutnya tidak hanya sekedar melukis saja, tetapi juga memiliki banyak makna dan manfaat di dalamnya, dimana anak-anak dapat mengetahui arti penting menggunakan produk yang ramah lingkungan.

Pada kegiatan lomba melukis di kaos ini, para peserta berkesempatan mendapatkan pengalaman menarik sekaligus berkesan. Pasalnya, selain para peserta dapat menuangkan kreativitas melukisnya pada sebuah kaos, mereka juga mendapatkan informasi tentang penting berpartisipasi menjaga bumi dengan menggunakan kemasan minuman yang ramah lingkungan.

Para peserta antusias terlihat saat mulai mewarnai kemasan susu yang menarik, menyesuaikan warna yang tepat atas tema, kerapihan, dan juga kreatifitas untuk mengimprovisasi lukisan sehingga lebih menarik. Poin penilaian dari dewan juri pada kegiatan lomba melukis di atas kaos ini terdiri dari 3 (tiga aspek) yaitu; Keindahan, Kreatifitas, dan Kerapihan.

Sumarsih, salah satu guru pendamping peserta lomba mengatakan, melalui kegiatan ini juga bisa untuk mengenal teman yang berbeda sekolah. Membuat mereka bahagia serta membangun rasa cinta terhadap lingkungan.

“Kami bersyukur semua media sudah disiapkan dengan baik oleh LamiPak Indonesia, mulai dari kaos, cat warna, koas, dan lainnya. Dan hasil karya anak-anak dapat dibawa pulang sebagai kenang-kenangan (merchandise),” jelasnya.

LamiPak Indonesia mengadakan Lomba Melukis di atas Kaos dengan tema “Brings Life to Packaging" atau “menghadirkan kehidupan melalui kemasan ramah lingkungan” ini merupakan inisiatif yang perlu disosialisasikan kepada anak-anak sekolah dasar agar secara dini agar dapat mengetahui manfaat dari penggunaan produk yang ramah lingkungan.

LamiPak Indonesia mengundang anak-anak untuk menciptakan karya yang mengekspresikan langkah-langkah kecil yang dapat mereka ambil setiap hari, mimpi-mimpi, dan harapan mereka akan dunia yang berkelanjutan.

Managing Director PT Lami Packaging Indonesia Tina Cao dalam kesempatan sambutannya menyampaikan bahwa perlombaan ini digelar untuk pertama kali dengan harapan bahwa lukisan dan pemikiran yang diekspresikan oleh anak-anak merupakan pemikiran tulus mereka terhadap konservasi lingkungan di sekitar mereka, dan masa depan bumi, yang dapat menginspirasi dan mendorong orang-orang untuk mengambil tindakan terkait perubahan gaya hidup yang berkelanjutan.

Baca Juga: Kemendikbudristek Dukung Terwujudnya Kesetaraan Hak Disabiltas di Perfilman

Di LamiPak, kami percaya lebih dari sekedar menciptakan solusi pengemasan yang unggul. Kami berdedikasi untuk menumbuhkan rasa tanggung jawab lingkungan, keberlanjutan, dan keterlibatan masyarakat. Acara hari ini adalah sebuah langkah kecil namun bermakna menuju pencapaian visi tersebut.

Saat kita menyaksikan para anak muda ini mengeluarkan kreativitas mereka pada kaos ini, mari luangkan waktu sejenak untuk merenungkan makna yang lebih dalam di balik warna dan pola yang mereka pilih. Ini bukan hanya tentang menciptakan desain yang indah; ini tentang menanamkan pada generasi muda kita rasa cinta terhadap planet kita, rasa hormat terhadap alam, dan semangat untuk hidup berkelanjutan. Seniman-seniman muda masa kini mewakili benih-benih masa depan itu.

Para pemenang lomba diumumkan secara langsung setelah sesi performance dari beberapa perwakilan sekolah seperti pembacaan puisi, tarian tradisional, dan menyanyi. Selanjutnya, dilaksanakan seremoni pemberian penghargaan dan pemberian hadiah kepada 10 pemenang terbaik. Terdapat 3 pemenang terbaik yakni SDN Cikande Permai, SDN Pabuaran, SDN Koper II. Selanjutnya, 7 pemenang terbaik lainnya yaitu; SDN Situ Terate, SDN Bakung Turus, SDN Maja, SDN Cikande 3, SDN Parigi, SDN Nambo Udik I, dan SDN Kerama Djati.

Diharapkan kegiatan ini menjadi salah satu bagian kecil untuk bersama-sama menjaga bumi demi kehidupan anak cucu yang akan datang.

Baca Juga: Konsisten dalam Pengembangan Energi Baru Terbarukan, Pertamina Group Ini Gaet Penghargaan IGA 2024

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Amry Nur Hidayat

Advertisement

Bagikan Artikel: