Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pede Hadapi Debat Perdana Capres-Cawapres, Ganjar: Saya Siap

Pede Hadapi Debat Perdana Capres-Cawapres, Ganjar: Saya Siap Kredit Foto: Antara/Muhammad Iqbal
Warta Ekonomi, Jakarta -

Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo menyatakan siap menghadapi debat capres-cawapres, terutama yang berkaitan dengan tema hukum, hak asasi manusia hingga pemberantasan korupsi.

"(Siap) kan saya pernah debat," ujar Ganjar di La Cove, Kupang, Nusa Tenggara Timur, Jumat malam.

Ganjar mengatakan dirinya dan cawapres Mahfud Md sangat percaya diri dengan debat capres-cawapres sebab Mahfud merupakan sosok yang sangat paham mengenai isu hukum, HAM dan pemberantasan korupsi.

"Mitra saya kan Pak Mahfud. Insyaallah tidak terlalu sulit karena kita sama-sama melakukan gerakan antikorupsi," katanya.

Debat pertama yang diselenggarakan di Kantor KPU pada 12 Desember 2023 temanya terkait hukum, hak asasi manusia (HAM), pemerintahan, pemberantasan korupsi, dan penguatan demokrasi.

Kemudian pada debat kedua yang dijadwalkan berlangsung 22 Desember 2023 mengusung tema pertahanan, keamanan, geopolitik, dan hubungan internasional.

Tema debat ketiga pada 7 Januari 2024 adalah ekonomi (kerakyatan dan digital), kesejahteraan sosial, investasi, perdagangan, pajak (digital), keuangan, dan pengelolaan APBN.

Selanjutnya tema debat keempat pada 21 Januari 2024 meliputi energi, sumber daya alam (SDA), SMN, pajak karbon, lingkungan hidup dan agraria, serta masyarakat adat.

Terakhir, pada 4 Februari 2024, tema debat yang diusung adalah teknologi informasi, peningkatan pelayanan publik, hoaks, intoleransi, pendidikan, kesehatan (post-COVID Society), dan ketenagakerjaan.

Tema debat tersebut merujuk pada visi nasional yang tercantum dalam Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 dan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN).

Setiap debat capres-cawapres akan terdiri atas enam segmen, mulai dari pembukaan, pembacaan tata tertib, penyampaian visi, misi, dan program kerja, hingga segmen penutup.

KPU RI pada 13 November 2023 menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 yaitu pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

ant

Baca Juga: Evaluasi KPU Bali, Petugas KPPS Diminta Teliti saat Mendata Pemilih

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Ferry Hidayat

Advertisement

Bagikan Artikel: