Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

The Plaza IBCC Pusat Perbelanjaan Pertama di Bandung Manfaatkan PLTS Atap

The Plaza IBCC Pusat Perbelanjaan Pertama di Bandung Manfaatkan PLTS Atap Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

The Plaza Istana Building Commodities Center (IBCC), sebagai pusat perbelanjaan one stop shopping untuk keperluan pembangunan, home living, dan elektronik terbesar di Jawa Barat, hari ini (30/11) meresmikan instalasi Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap dengan kapasitas 408,75 kWp melalui kolaborasi bersama Suryanesia, sebuah perusahaan yang menyediakan energi bersih bagi pelaku usaha di Indonesia.

Instalasi yang terpasang di The Plaza IBCC merupakan sistem PLTS solar carport dengan total luas area 1.960 m2. Melalui inovasi solar carport tersebut, panel surya tidak hanya berfungsi untuk menghasilkan energi bersih, tetapi juga sebagai atap yang meneduhkan area parkir mall sekaligus sebagai sarana edukasi masyarakat.

Untuk memaksimalkan produksi listrik, Suryanesia menggunakan panel surya bifacial pada solar carport agar dapat menyerap sinar matahari dari atas maupun pantulan cahaya dari bawah, sehingga mampu menghasilkan hingga 30% lebih banyak energi dibandingkan panel surya konvensional. Dengan instalasi PLTS ini, setiap tahunnya The Plaza IBCC dapat menghasilkan energi bersih sebesar 633.396 kWh dan mengurangi jejak karbon sebesar 497.089 kg CO2.

Sebagai rangkaian dari kegiatan peresmian PLTS Atap di The Plaza IBCC, tamu undangan dan masyarakat juga diberikan kesempatan mengikuti site visit untuk melihat langsung dan mendengar penjelasan atas instalasi solar carport tersebut. Peresmian ini turut dihadiri oleh Kepala Cabang Wilayah IV Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jawa Barat, Mahmud Al Faiz; Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Bandung, Elly Wasliah; dan perwakilan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Layanan Pelanggan (PLN) Prima Priangan, Geta Ariesta dan Kusnadi.

Sebagai bagian dari Istana Group, salah satu pengembang properti terbesar di Indonesia dan terkemuka di Bandung, inisiatif ini merupakan bentuk dukungan Istana Group untuk Kota Bandung dalam pertumbuhannya menuju kota yang ramah lingkungan. Instalasi PLTS Atap ini di The Plaza IBCC menandai tahap awal dalam kerja sama strategis antara Istana Group dengan Suryanesia. Melalui langkah ini, Istana Group berharap dapat menjadi teladan dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan menekan pentingnya kemajuan dan tanggung jawab lingkungan.

Abrijanto Efendi, Direktur The Plaza IBCC, mengatakan, peresmian solar carport ini merupakan bentuk komitmen Istana Group dalam pengembangan pusat perbelanjaan yang eco-friendly. Diharapkan peresmian tersebut menginspirasi pusat perbelanjaan lainnya, khususnya di Kota Bandung, dalam rangka membantu Pemerintah membatasi peningkatan suhu global sesuai komitmen yang dibuat dalam Paris Agreement. 

“Selanjutnya akan ada lagi pemasangan PLTS bersama Suryanesia di proyek proyek Istana Group lainnya,” 

Didukung dengan proses dan teknologi PLTS Atap terbaru, The Plaza IBCC mempercayai Suryanesia sebagai mitra strategis dalam pemasangan sistem PLTS, mulai dari proses desain, instalasi, dan perizinan hingga PLTS dapat beroperasi. Memiliki sumber daya manusia yang mumpuni dan berpengalaman, Suryanesia berkomitmen dalam membantu perusahaan komersial maupun industrial untuk beralih ke sumber energi terbarukan.

Grant Adsit, Head of Business Development Suryanesia, mengatakan, merasa terhormat dapat mendukung Istana Group, yang dimulai dari The Plaza IBCC, dalam memperluas penggunaan energi terbarukan di Kota Bandung. Pihaknya bangga bermitra dengan Istana Group dalam mendukung visi mereka untuk menunjukkan bahwa perkembangan ekonomi dapat berjalan beriringan dengan keberlanjutan lingkungan.

Baca Juga: Tim Hukum AMIN Endus Dugaan Pelanggaran Pemilu di Bali

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Ferry Hidayat

Advertisement

Bagikan Artikel: