Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ganjar Janji Akan Terbitkan Perpres Kesultanan Seandainya Terpilih Jadi Presiden

Ganjar Janji Akan Terbitkan Perpres Kesultanan Seandainya Terpilih Jadi Presiden Kredit Foto: X GP
Warta Ekonomi, Jakarta -

Calon Presiden (Capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo berjanji akan menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) sebagai upaya menjaga kelestarian budaya nusantara bagi kesultanan dan keraton Nusantara.

Hal itu dia ungkap dalam kunjungannya ke Tenggarong, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, pada Rabu (6/12/2023). Kunjungan itu juga disambut langsung Sultan Kutai Kartanegara, Aji Muhammad Arifin, di Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura.

Adapun Perpres itu, kata Ganjar, akan mengatur pendanaan kesultanan. Dia juga mengaku telah melakukan pembinaan dan penyaluran bantuan selama dirinya memimpin Jawa Tengah. 

“Setuju saya, banyak sekali kesultaan, kerajaan keraton yang hari ini masih hidup, ada yang eksis secara otonom, mandiri, namun beberapa yang lain butuh perhatian,” jelasnya.

Baca Juga: Sebelum Maju Jadi Capres, Ganjar Akui Dua Tahun Diskusi Bareng Jokowi

Ganjar juga mengaku, kerap kali menerima aspirasi yang sama setiap kali mengunjungi kesultanan maupun kerajaan. Bahkan pada saat melakukan kunjungan ke Nusa Tenggara Timur beberapa waktu lalu, dia mengaku menerima aspirasi yang sama.

“Beberapa kerajaan yang ada di Jawa Tengah, waktu saya menjabat gubernur, itu rutin kita bantu setiap tahun, setiap tahun,” tegasnya. 

Pada saat menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah, Ganjar juga mengaku telah menggelontorkan dana hibah sebesar Rp148 miliar melalui APBD untuk organisasi masyarakat dan instansi vertikal. 

Oleh karenanya, dia menilai pengelolaan dana kesultanan dan kerajaan dipermudah secara administrasi. Melalui hal itu, dia pun berharap dana dapat diolah secara merata, baik untuk biaya revitalisasi maupun biaya operasionalisasi. 

Sementara itu, Sultan Kutai Kartanegara, Aji Muhammad Arifin berharap Ganjar mampu mewujudkan hal itu jika terpilih menjadi presiden. Menurutnya Perpres Kesultanan menunjukkan kepedulian pemerintah terhadap eksistensi kesultanan dan kerajaan-kerajaan. 

Baca Juga: Ganjar: Meninggalkan Kebudayaan itu Kesalahan Besar!

Lebih jauh, dia beranggapan kesultanan-kesultanan dan kerajaan-kerajaan adalah warisan budaya, mereka punya peran penting menjaga kebudayaan nusantara. 

“Termasuk mengenai dana untuk kesultanan-kesultanan,” kata Sultan Aji.

Baca Juga: Tim Hukum AMIN Endus Dugaan Pelanggaran Pemilu di Bali

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Andi Hidayat
Editor: Amry Nur Hidayat

Advertisement

Bagikan Artikel: