Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Survei: Mulai Tinggalkan Ganjar, Pemilih NU Banyak Dukung Prabowo

Survei: Mulai Tinggalkan Ganjar, Pemilih NU Banyak Dukung Prabowo Kredit Foto: Ist
Warta Ekonomi, Jakarta -

Dukungan untuk pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming dari kelompok organisasi masyarakat keagamaan, terutama Nahdlatul Ulama (NU), terus menguat.

Temuan Indikator Politik Indonesia, terjadi peningkatan dukungan terhadap Prabowo-Gibran dari kelompok pemilih NU.

"Pada basis NU, Prabowo-Gibran dan Anies-Muhaimin cenderung menguat, sementara Ganjar-Mahfud cenderung menyusut,” kata Peneliti Utama Indikator Politik Indonesia, Rizka Halida, saat memaparkan hasil survei bertajuk ‘Dinamika Elektoral di Awal Masa Kampanye’ secara virtual, Sabtu (9/12).

Potret tersebut menjadi temuan survei terbaru Indikator Politik Indonesia. Survei tatap muka nasional dilakukan Indikator dalam periode 23 November sampai 1 Desember 2023, menempatkan 1.200 responden dengan over sample di 15 provinsi mencapai 5.380 responden, dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.

Pada temuan sebelumnya, 27 Oktober–1 November, dukungan untuk Prabowo-Gibran dari kalangan Nahdliyin berada di angka 43,6 persen. Memasuki awal Desember 2023, terjadi peningkatan dukungan menjadi 45,4 persen.

Hal serupa juga berlaku untuk pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar. Jika semula 17,7 persen, menjadi 22 persen. Sebaliknya, dukungan dari kelompok pemilih NU untuk Ganjar-Mahfud kian menyusut, semula 35 persen menjadi 27,4 persen.

“Di basis Muhammadiyah dan ormas Islam lainnya, fluktuasinya sangat besar. Prabowo-Gibran menguat di angka 46,1 persen, sementara Anies-Muhaimin (32,8 persen) dan Ganjar-Mahfud (17 persen) menurun,” kata Rizka.

Di sisi lain, pada kelompok yang tidak mengidentikkan diri dengan ormas Islam, dukungan untuk Prabowo-Gibran juga tampak menguat, sementara Anies-Muhaimin menurun dan Ganjar-Mahfud stagnan.

Baca Juga: Erick Thohir Bakal Kembali Laporkan Dua Dapen yang Dikelola BUMN ke Kejagung

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Ferry Hidayat

Advertisement

Bagikan Artikel: