Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

SETARA Institute Pernah Catatkan Solo Kota Paling Toleran dan Prestasi Gibran Lainnya

SETARA Institute Pernah Catatkan Solo Kota Paling Toleran dan Prestasi Gibran Lainnya Kredit Foto: Shopee
Warta Ekonomi, Jakarta -

Cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming selama menjadi Wali Kota Solo dinilai telah berhasil menorehkan beberapa prestasi penting.

Lembaga SETARA Institute pernah mencatatkan Solo sebagai kota toleran. Dan berikut catatannya.

1. Solo Masuk Kategori Kota Paling Toleran di Indonesia

Pemkot Solo mendapat Penghargaan Apresiasi dari SETARA Institute atas upaya membangun kerukunan antar umat beragama, suku, dan budaya. Surakarta menduduki peringkat keempat sebagai kota paling toleran di Indonesia.

Dalam laporan Indeks Kota Toleran (IKT) tahun 2022 yang diselenggarakan oleh SETARA Institute, Solo menduduki peringkat keempat dari sepuluh kota paling toleran dengan skor 5.883.

Rilis SETARA Institute mencatat laporan IKT 2022 merupakan hasil pengukuran yang dilakukan lembaga tersebut dalam rangka mendorong praktik toleransi di berbagai kota di Indonesia.

IKT bertujuan untuk memberikan gambaran dasar dan mengevaluasi kinerja pemerintah kota dalam mendorong kerukunan, toleransi, kesadaran nasional, dan kohesi sosial. Informasi dasar ini dapat memberikan wawasan kepada masyarakat, pemerintah, dan berbagai pihak yang ingin memahami tingkat toleransi di 94 kota di Indonesia.

2. Penghargaan dalam Pembangunan dan Lingkungan

Di bawah kepemimpinan Gibran, Kota Solo menerima Sertifikat Adipura Kategori Kota Besar dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang disematkan pada tanggal 28 Februari 2023.

Penghargaan ini diberikan oleh Pemerintah Kota Solo karena telah menjaga kebersihan lingkungan dan keindahan kota. 

3.⁠ ⁠Pemkot Meraih Penghargaan Universal Health Coverage (UHC)

Pemerintah Kota (Pemkot) Solo juga menerima Penghargaan Universal Health Coverage (UHC) dari Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan pada 14 Maret 2023.

Penghargaan ini menegaskan bahwa pemerintah kota telah berhasil mencapai cakupan layanan kesehatan yang luas dan berkualitas bagi seluruh warga kota.

4.⁠ ⁠Pembangunan Selter Manahan

Selter Manahan, sebuah food court dengan konsep yang berdampingan dengan jogging track Stadion Manahan, telah selesai dibangun oleh Pemkot Solo. 

Pembangunan Selter Manahan juga melibatkan PKL kuliner, proyek ini berhasil memanfaatkan area parkir dengan total 132 tempat.

5.⁠ ⁠Pembangunan Sentra IKM Mebel Gilingan

Selesai dibangun pada Agustus 2023, Pusat IKM Furnitur Gilingan memiliki luas 5.000 meter persegi. Merupakan pusat yang menunjang kualitas dan pemasaran produk furnitur Solo.

6.⁠ ⁠Revitalisasi Solo Technopark

Solo Technopark, sebuah ruang publik yang kreatif, telah diperbaharui dengan sejumlah fasilitas baru, termasuk lapangan basket, lapangan futsal, dan ruang penelitian dan pengembangan teknologi.

7.⁠ ⁠Revitalisasi Pura Mangkunegaran dan Taman Pracima

Taman Pracima di kompleks Pura Mankunegaran telah disulap menjadi tujuan wisata yang indah dengan taman bunga, bangunan dan air mancur yang cantik. Selain itu, Taman Satwa Taru Jurug (Solo Safari) juga telah direvitalisasi dan menjadi salah satu tujuan wisata yang paling digemari di Solo.

Baca Juga: Erick Thohir Bakal Kembali Laporkan Dua Dapen yang Dikelola BUMN ke Kejagung

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Ferry Hidayat

Advertisement

Bagikan Artikel: