Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ajak Pengusaha Brunei Investasi, Jokowi Sebut IKN 70 Persen Area Hijau: Komitmen Jaga Kalimantan Sebagai Paru-paru Dunia

Ajak Pengusaha Brunei Investasi, Jokowi Sebut IKN 70 Persen Area Hijau: Komitmen Jaga Kalimantan Sebagai Paru-paru Dunia Kredit Foto: Antara/Nova Wahyudi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyebut mega proyek Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dibangun sebagai kota hutan yang pintar dengan 70 persen area sebagai area hijau dan 80 persen transportasi merupakan transportasi publik yang berbasis energi hijau.

Hal ini Jokowi sampaikan saat bertemu dengan para pengusaha Brunei Darussalam (konsorsium investor) di Assarraa Guest House, Bandar Seri Begawan, pada Sabtu (13/01/2024) malam.

Menurutnya ini merupakan komitmen pemerintah untuk terus menjaga Kalimantan sebagai paru-paru dunia.

“Ini adalah komitmen untuk terus menjaga Pulau Kalimantan–Borneo–sebagai paru-paru dunia yang memberikan manfaat yang nyata bagi masyarakat, juga menciptakan magnet ekonomi baru,” ujar Jokowi dikutip dari laman setkab.go.id, Senin (15/1/24).

Baca Juga: Investor Asing Belum Ada di IKN, Jokowi: Masa Satu Saja Ndak Ada...

Dalam kesempatan itu, Jokowi memanfaatkannya untuk menawarkan investasi di mega proyek Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara kepada pengusaha Brunei.

Jokowi menyebut IKN merupakan agenda strategis yang dimiliki Indonesia di mana tekah disetujui oleh mayoritas parlemen DPR-RI.

“Saya ingin bercerita mengenai Ibu Kota Nusantara. Ini adalah agenda strategis Indonesia dan bagian dari misi Indonesia Emas 2045 yang telah disetujui oleh parlemen, dibuat undang-undangnya yang disetujui 93 persen suara,” jelasnya.

Lebih jauh, Jokowi menyampaikan progres pembangunan inti yang telah mencapai 70 persen dan ditargetkan selesai pada pertengahan tahun 2024.

Selain itu, saat ini juga telah banyak investasi yang masuk dan memulai pembangunan infrastruktur yang ditandai dengan peletakan batu pertama atau groundbreaking.

“Ada 13 yang telah groundbreaking, baik berupa rumah sakit ada 3 rumah sakit, ada 5 hotel, dan ada 2 mal, ada training center untuk sepak bola, juga ada transportasi hijau, dan juga termasuk Nusantara Superblock di kawasan terintegrasi dengan hotel bintang lima, tempat hiburan, dan pusat perbelanjaan,” jelasnya.

Baca Juga: Anies Baswedan: Tugas Utama Pemimpin Membuat Keputusan

Presiden pun berharap para pengusaha asal Brunei Darussalam dapat merealisasikan minatnya untuk berinvestasi di IKN. Presiden menyebut bahwa pemerintah telah menyiapkan sejumlah insentif bagi para investor di IKN baik berupa super tax deduction, tax holiday, hingga pembebasan bea masuk.

“Saya berharap minat investasi dari Your Highness dapat segera direalisasikan. Terima kasih,” pungkasnya.

Setelah Pertemuan dilakukan penyerahan letter of interest oleh Konsorsium investor, yang dilakukan oleh Putri Amal Rakiah kepada Kepala OIKN, Bambang Susantono.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Bayu Muhardianto
Editor: Bayu Muhardianto

Advertisement

Bagikan Artikel: