Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Nurul Arifin: Ujung Berung Akan Dongkrak Ekonomi Bandung

Nurul Arifin: Ujung Berung Akan Dongkrak Ekonomi Bandung Kredit Foto: Rahmat Saepulloh
Warta Ekonomi, Bandung -

Destinasi wisata yang berada di Ujung Berung, akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi Kota Bandung. Anggota Komisi I DPR RI, Nurul Arifin menilai budaya Sunda yang ada di wilayah Ujung Berung, Kota Bandung cukup besar dengan kesenian tradisionalnya yaitu Benjang. Seni Benjang ini bukan hanya dimiliki masyarakat Ujung Berung saja melainkan Jawa Barat. 

"Kami ingin menjadikan Ujung Berung salah satu wilayah destinasi wisata," tegas Nurul kepada wartawan di usai mengikuti kegiatan Pertunjukan Rakyat dengan tema "Perkembangan Destinasi Wisata aberbasis Seni Tradisional," di Alun-alun Ujung Berung Kota Bandung, Sabtu (3/2/2024)

Baca Juga: Keliling Bandung Barat Kampanyekan AMIN, Rajiv: Warga Kompak Ingin Perubahan

Menurutnya, Jika destinasi wisata berhasil berarti berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi dan UMKM yang ada di Kota Bandung. Selain itu, Pemerintah juga bukan hanya sebatas mengenal melainkan harus lebih mengenal  dengan kesenian tradisional. 

"Jangan sampai kesenian-kesenian atau budaya yang datang dari mancanegara seperti Korea menjadi lebih dikenal dibandingkan dengan budaya kita sendiri," tegasnya

Selanjutnya, kata Nurul, pihaknya akan melihat perkembangan potensi budaya lokal yang ada di Ujung Berung. "Ini kan salah satu upaya untuk melestarikan budaya Sunda," ujarnya

Dia berharap Pemerintah Kota Bandung (Pemkot) memiliki agenda rutin kegiatan kesenian dan budaya lokal sehingga selain bisa melestarikan juga kesenian dan budaya lokal lebih dikenal oleh generasi muda.

"Ini kan bukan agenda individu tapi agendanya Pemkot Bandung. Jadi diharapkan kegiatan berkesinambungan ini dilakukan secara rutin," ungkapnya 

Secara infrastruktur, lanjut Nurul, Ujung Berung memiliki lahan seperti Alun-alun sehingga bisa menjadi basis kesenian tradisional. Namun, dibutuhkan kreativitas yang lebih baik lagi dari pala pelaku seni. 

Baca Juga: Anies Baswedan Dinilai Paling Berpikiran Internasional Dibanding Capres Lainnya, Ini Alasannya!

"Infrastruktur cukup memadai, Alun-alunnya juga bagus tinggal dari kreativitas penggerak seninya dan good Will dari Pemkotnya juga bagaimana," pungkasnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Rahmat Saepulloh
Editor: Aldi Ginastiar

Advertisement

Bagikan Artikel: